200 Pohon di Kota Tangerang Miliki Barcode

Diterbitkan  Rabu, 06 / 09 / 2017 16:49

Palapanews.com Masyarakat Kota Tangerang saat ini dapat mengenali jenis dan usia dari tanaman (pohon) yang tersebar di Kota Tangerang.

Masyarakat dapat mengetahuinya melalui barcode yang tertera di pohon tersebut.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pertamanan Kota Tangerang, Tihar Sopian. Menurut Tihar, saat ini sudah ada 200 pohon yang sudah memiliki barcode. Tujuannya adalah  memudahkan masyarakat untuk mengenali tanaman tersebut.

“Pohon – pohon yang mempunyai barcode ini tersebar di sejumlah taman – taman tematik. Dan, ini salah satu program yang fungsinya sebagai edukasi,” ucapnya.

Tihar menambahkan,  program ini diharapkan dapat menambah wawasan kepada warga. Sehingga masyarakat bisa merawat pohon Рpohon yang dikenalinya ini.

“Melalui pemberian barcode tersebut,masyarakat dapat memperoleh informasi lengkap tentang pohon – pohon yang ada di taman Kota Tangerang,” kata Tihar.

Barcode tersebut tertera dari nama latin pohon, usia dan informasi lainnya.”Caranya hanya dengan melakukan pemindaian melalui aplikasi QR Scaner,” imbuhnya.

Tihar menyebut aplikasi ini juga terintegrasi dengan Sistem Informasi Operasional dan Manajemen (SIOM) dan Sistem Informasi Taman Tematik (SITANTE).

“Ini juga berguna dalam segi perawatannya pohon. Kalau kita sudah tahu usianya itu pohon, maka kami ambil keputusan tepat untuk melakukan penebangan agar pohon – pohon itu tidak membahayakan jika nanti tumbang. Kemudian kami akan menanam pohon lagi,” paparnya. (ydh)

Komentar Anda

comments