Bangun Kota Tangerang, Pemkot Libatkan BKM

Diterbitkan  Rabu, 30 / 08 / 2017 19:19

Palapanews.com- Perubahan paradigma pemerintahan membuat masyarakat memiliki peran penting dalam keberhasilan pembangunan, sehingga berhasil tidaknya suatu program pembangunan tergantung pada peran aktif masyarakat.

Untuk menuju keberhasilan pembangunan maka banyak program pembangunan yang melibatkan sektor swasta ataupun unsur masyarakat di dalamnya. Seperti apa yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang yang telah melibatkan BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) sebagai representasi masyarakat dalam program Tangerang Berbenah dimana salah satu proyek yang dikerjakan adalah terkait pembangunan drainase atau saluran air.

“Pengembangan sistem drainase dimaksudkan sebagai upaya mengatasi banjir dan genangan terjadi di beberapa wilayah Kota Tangerang.” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Dadi Budaeri pada acara Sosialisasi Pembangunan Drainase Lingkungan di Kawasan Permukiman di ruang rapat Akhlakul Karimah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (30/8).

Dadi mengungkapkan, seluruh unsur masyarakat dapat turut serta terlibat dalam proses pembangunan yang ada di Kota Tangerang.

“Setiap unsur masyarakat yang ada di Kota Tangerang dapat ikut berkontribusi dalam proses pembangunan di Kota Tangerang, sehingga bisa merasa untuk memiliki dan mau memelihara hasil pembangunan.” ujar Dadi.

Dirinya menambahkan, berbagai kelompok swadaya masyarakat yang ada, baik yang ada di kelurahan maupun kecamatan berperan dalam pembangunan di Kota Tangerang, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan dalam pembangunan.

“Dukungan kelompok keswadayaan dapat mempercepat proses pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga pembangunan tersebut tepat waktu, tepat sasaran dan tepat manfaat,” lanjutnya.

Diinformasikan, melalui Program Tangerang Berbenah dimana dalam proses pelaksanaanya juga melibatkan unsur masyarakat, Pemkot telah berhasil membangun 79,436 meter saluran air, 109,625 jalan lingkungan, dan telah membedah 1405 unit rumah pada tahun 2016 sedang di tahun 2017 ditargetkan sebanyak 2314 unit rumah. (ydh)

Komentar Anda

comments