Pemkot Depok Sebar 137 Pemeriksa Hewan Kurban

Diterbitkan  Selasa, 29 / 08 / 2017 6:38

Ilustrasi.

Palapanews.com- Pemkot Depok menyebar 137 petugas pemeriksa hewan kurban. Mereka terdiri dari 35 petugas Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, 85 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) dan 17 dokter hewan dari Kementerian Pertanian.

“Pemeriksaan lapak akan dilakukan oleh petugas dinas pada H-1 Idul Adha 1438 Hijriah dan dilanjutkan pemeriksaan antemortem oleh petugas dinas juga pada hari H,” kata Kepala DKPPP Kota Depok, Farah Mulyati.

Sedangkan dosen pendamping dan mahasiswa FKH IPB akan melakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem pada H+1 Idul Adha. Rencananya hingga H+3 petugas dinas masih terus melakukan pemeriksaan.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti hewan kurban harus memenuhi persyaratan syariat Islam. Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka harus dikembalikan atau disarankan tidak dijual untuk keperluan hewan kurban,” jelas Farah.

Ia berharap petugas pelaksana pemotongan hewan kurban di setiap lokasi, mampu memperhatikan kebersihan dan kehigienisan sanitasi kandang, agar meminimalisir tersebarnya penyakit dari hewan ke manusia.

“Semoga pelaksanaan pemotongan hewan kurban berjalan lancar dan sukses tahun ini,” harapnya.(red)

Komentar Anda

comments