Mau Ganti Pimpinan, DPRD Tanah Laut Belajar ke Tangsel

Diterbitkan  Selasa, 29 / 08 / 2017 5:54

Anggota DPRD Kota Tangsel Romi Adi Santoso (kanan) memberikan cindera mata kepada anggota DPRD Kabupaten Tanah Laut.

Palapanews.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Barat melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kunjungan ini untuk mengulik informasi sistem dan mekanisme pergantian pimpinan di tubuh legislatif.

Diketahui, saat ini DPRD Kabupaten Tanah Laut sedang membahas untuk penggantian salah satu pimpinan DPRD. Sementara di DPRD Kota Tangsel, baru saja dilakukan pergantian Wakil Ketua DPRD dari sebelumnya Ahadi, kepada Taufik M Amin.

Kunker tersebut dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanah Laut, yakni Abdi Rahman dan Chaerudin Anwar. Mereka diterima anggota DPRD Tangsel, Rizki Jonis dan Aguslan Busro.

“Kita (DPRD Tanah Laut) sedang proses pergantian pimpinan. Kunjungan ini untuk mencari tahu tahapan apa saja yang harus ditempuh, sehingga tidak melanggar ketentuan,” kata Abdi Rahman.

Ia sebutkan bahwa proses pergantian pimpinan DPRD tidak bisa dilakukan melalui rapat biasa. Maka itu, pihaknya berupaya mencari informasi dan mendatangi DPRD Kota Tangsel yang telah melakukan pergantian pimpinan.

“Seperti apa tatibnya dan regulasi yang dipakai apa saja, sehingga dalam pergantian pimpinan nantinya tidak memunculkan protes. Maka itu, semua harus dilakukan sesuai ketentuan dan aturan,” tandasnya.

Menanggapi itu, Rizki Jonis menjelaskan bahwa proses pergantian pimpinan DPRD amat panjang hingga tahapan akhir rapat paripurna istimewa. Proses itu, antara lain surat resmi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai. Rapat paripurna pun beberapa kali dilakukan, seperti paripurna usulan pemberhentian pimpinan DPRD yang berangkutan yang hasilnya nanti disampaikan ke Pemerintah Provinsi.

“Nantinya, dari provinsi akan keluar SK (Surat Keputusan) pengangkatan dan pemberhentian. Semua harus dilakukan dan harus mengikuti aturan yang ada,” tandasnya.(jok)

Komentar Anda

comments