Pameran Industri Grafika FGDexpo Hadir Kembali di JCC

Diterbitkan  Kamis, 24 / 08 / 2017 16:31

Simbolisasi menempelkan puzzle oleh Triawan Munaf resmi membuka FGD Expo 2017. (foto: ist)

Palapanews.com – Keberhasilan yang dicatat oleh FGDexpo 2015 menjadi dorongan positif bagi FGDforum untuk kembali menyelenggarakan ajang pameran industri grafika Indonesia yang telah berlangsung sejak tahun 2003.

Bekerjasama dengan PT Amara Pameran Internasional (API), pameran yang berlangsung untuk ke-8 kalinya ini diselenggarakan pada 24–27 Agustus 2017 di area Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center (JCC).

FGDexpo 2017 dihadiri oleh 97 peserta yang terdiri dari produsen, distributor, penyedia produk dan jasa grafika, asosiasi perusahaan dan profesi, institusi pendidikan, dan mitra luar negeri.

Mengusung tema “Connectivity”, FGDexpo 2017 akan menjadi rantai nilai yang mengaitkan antara manufaktur, teknologi grafika, penyedia produk-produk dan jasa grafika, lintas media, dan penyedia jasa keuangan.

Berbeda dari dua tahun sebelumnya, FGDexpo 2017 memperkenalkan lima pilar dalam industri kreatif, yakni Creative, Printing, Packaging, Publishing, dan Promotion. Pembukaan FGDexpo 2017 dihadiri dan diresmikan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf.

Menurut Triawan, FGDexpo 2017 bisa memicu tumbuhnya industri-industri kecil (UMKM) pendukung grafika sehingga bisa menyerap tenaga kerja. Sebaliknya, industri kreatif dan grafika juga dapat memberikan nilai tambah bagi produk di industri-industri lain di Indonesia.

Menurut Danton Sihombing, Chairman FGDforum, kini perindustrian dan manufaktur dunia memasuki ambang revolusi industri keempat; Industri 4.0, dalam dunia yang bergerak cepat dan saling terkoneksi. Perihal-perihal ini tak terelakan dalam gelombang inovasi teknologi, globalisasi, dan pembauran budaya.

“Oleh karenanya gagasan “Connectivity” menjadi mantra yang relevan untuk mencari solusi dalam lanskap digital saat ini,” katanya. (rls/bd)

Komentar Anda

comments