LBH Keadilan Tangsel Terancam Tutup, Kenapa?

Diterbitkan  Kamis, 24 / 08 / 2017 7:43

LBH Keadilan.

Palapanews.com- Lembaga Bantuan Hukum Keadilan (LBH Keadilan) terancam tutup. LBH yang berkantor di Griya Jakarta, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) ini terancam tutup lantaran kesulitan finansial.

“Iya, belum memiliki cukup biaya untuk perpanjang sewa kantor,” kata Ketua Pengurus LBH Keadilan, Abdul Hamim Jauzie kepada wartawan.

Menurut Abdul Hamim, LBH Keadilan setiap tahunnya mendapat penggantian biaya penanganan perkara dalam jumlah terbatas dari Kementerian Hukum dan HAM melalui Kantor Wilayah Banten. Namun, hal itu tak terjadi pada tahun ini.

“Untuk (biaya penanganan perkara) tahun ini tidak turun. Sementara, LBH Keadilan memang bekerja secara sukarela,” Abdul Hamim menambahkan

Abdul Hamim dan rekannya tetap berjuang mencari cara agar LBH Keadilan tetap bisa beroperasi dan membantu masyarakat yang butuh bantuan hukum. Salah satunya, dengan meminta bantuan dari berbagai pihak.

“Terpaksa, kami harus menyurati beberapa pihak agar membantu kami, seperti kemarin kami sudah bersurat ke Anggota DPRD Kota Tangsel,” ujarnya.

Upaya mereka berbuah hasil. Anggota DPRD Kota Tangsel siap membantu dengan membayar biaya sewa kantor LBH Keadilan.

“Kami bersyukur ada sejumlah Anggota DPRD Kota Tangsel menyatakan komitmennya untuk membantu biaya sewa kantor LBH Keadilan. Tercatat ada Bapak Ahmad Syawqi dan Bapak Saprudin yang sudah menyatakan komitemennya akan membantu. Kami berterima kasih kepada kedua donator tersebut,” ujarnya.

Terpisah, Anggota Komisi I DPRD Kota Tangsel, Saprudin mengatakan keberadaan LBH sangat penting di Kota Tangsel. Ini mengingat masih banyak masyarakat tidak mampu yang buta hukum.

“Kami rekan-rekan DPRD Tangsel merasa memiliki tanggungjawab pula untuk membantu agar LBH Keadilan tetap eksis di Kota Tangsel,” tandasnya.(jok)

Komentar Anda

comments