3 Perguruan Tinggi Indonesia Masuk 500 Besar Dunia

Diterbitkan  Jumat, 18 / 08 / 2017 8:00

Menristek Dikti M Nasir memberikan keterangan kepada wartawan.

Palapanews.com- Sebanyak tiga perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam 500 besar perguruan tinggi dunia. Ketiganya, adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI).

“Ketiga perguruan tinggi ini masuk dalam Klaster 1 Perguruan Tinggi Indonesia,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (17/8/2017) kemarin.

Nasir pun mendorong ketiga perguruan tinggi ini untuk bisa merangkak naik ke 200 besar. Sementara perguruan tinggi yang belum masuk pada rangking ini agar dapat terpacu untuk meningkatkan kualitasnya.

Menurutnya, Menristekdikti sudah melakukan pengelompokan/klasterisasi perguruan tinggi. Klasterisasi ini dilakukan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Klasterisasi atau perankingan perguruan tinggi ini ke depan diharapkan dapat menjadikan perguruan tinggi Indonesia semakin berkualitas,” ujar Nasir usai upacara HUT RI Ke-72.

Pada 2017 ini performa perguruan tinggi Indonesia dinilai dari empat komponen utama, yaitu Kualitas SDM, Kualitas Kelembagaan, Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan serta Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah.

Sementara Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti Patdono Suwignjo mengatakan pada tahun ini telah dilakukan penyempurnaan dari tahun sebelumnya. Penyempurnaan tersebut meliputi beberapa perubahan/penambahan indikator sehingga diharapkan komponen utama tersebut dapat lebih mencerminkan kondisi perguruan tinggi Indonesia sesuai dengan cakupan pada masing-masing komponen utama tersebut.

Ada tiga indikator baru yang ditambahkan dalam metode klasterisasi tahun ini, yaitu pengabdian kepada masyarakat, Jumlah program studi terakreditasi Internasional dan Jumlah mahasiswa agar bertambah bobotnya.

Kelompok perguruan Tinggi non-politeknik (universitas, institut, dan lainnya) dihasilkan lima klaster perguruan tinggi Indonesia dengan komposisi yaitu klaster 1 berjumlah 14 perguruan tinggi; klaster 2 berjumlah 78 perguruan tinggi; klaster 3 berjumlah 691 perguruan tinggi, klaster 4 berjumlah 1,989 perguruan tinggi, dan klaster 5 berjumlah 290 perguruan tinggi.

Untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai hasil pengelompokan/klasterisasi perguruan tinggi Indonesia 2017, dapat mengunjungi http://pemeringkatan.ristekdikti.go.id dengan memasukkan 6 (enam) digit kode perguruan tinggi masing-masing yang tercatat pada PD DIKTI Kemenristekdikti. (nad)

Komentar Anda

comments