Psikolog: Jenis Kekerasan Pada Anak Perlu Sosialisasi

Diterbitkan  Rabu, 16 / 08 / 2017 11:11

Ilustrasi.(net)

Palapanews.com- Jenis-jenis kekerasan pada anak perlu disosialisasikan secara intensif. Ini dilakukan untuk melindungi anak-anak dari tindak kejahatan dan kekerasan seksual.

“Nah, orangtua harus tahu banyak informasi dan menyampaikannya kepada buah hatinya, seperti (jenis) tindak kekerasan itu sendiri,” kata Psikolog, Rese Mini Agoes Salim di Puspiptek, Setu, Tangerang Selatan, Selasa (15/8/2017).

Hal ini, menurutnya perlu dilakukan mengingat orangtua tidak bisa mengawasi anak-anaknya selama 24 jam.

“Jadi kita harus banyak- banyak mengumpulkan informasi untuk kita berikan kepada anak agar terhidar dari kejahatan,” Rose Mini Agoes Salim menambahkan.

Terkadang, diakuinya ada orangtua yang tidak mengerti salam sekali tentang informasi apa saja yang harus diberikan kepada anaknya. Sehingga, bisa memproteksi anaknya dari tindak kejahatan seksual.

“Kalau keluarga menengah atas mungkin mereka sudah banyak menerima informasi, untuk keluarga menengah bawah yang di daerah kadang sulit mendapatkan informasi itu,” ungkapnya.

Informasi tersebut, kata Rose bisa dibantu dari petugas satgas anak yang memberikan sosialisasi di sekolah-sekolah agar anak bisa mendapatkan informasi tersebut.

“Yang terpenting anaknya ini mendapat informasi yang mana yang boleh dia lakukan dan mana yang tidak boleh dia lakukan, ibaratnya si anak ini di tanam chips agar ia bisa memilah,” imbuhnya. (one)

Komentar Anda

comments