DPU Tangsel Kembali Gelar Lomba Bersih Saluran

Diterbitkan  Sabtu, 12 / 08 / 2017 7:52

Kepala DPU Tangsel Retno Prawati memberikan bantuan alat bersih-bersih secara simbolis.

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) kembali menggelar Lomba Bersih-bersih Saluran Terbaik antar Kecamatan se-Tangsel. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.

Kepala DPU Kota Tangsel, Retno Prawati mengatakan kegiatan tahunan ini merupakan tindak lanjut program Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, yakni Gerakan Bersih Saluran. Kegiatan ini, bakal berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 12-13 Agustus 2017 di tujuh lokasi atau kecamatan.

“Tujuh lokasi kegiatan ini berada di tujuh kecamatan dan memang menjadi wakil dari kecamatan itu. Kegiatan ini juga untuk menyambut HUT RI ke-72 yang memang terus dilaksanakan tiap tahun,” kata Retno Prawati menjelaskan.

Tujuh lokasi ini, antara lain Jalan Bumi Raya RW 15 Kelurahan Pondok Benda yang mewakili Kecamatan Pamulang, Jalan Kemuning Raya RW 06 Kelurahan Pondok Pucung di Kecamatan Pondok Aren dan Jalan Prabu Siliwangi RW 06 Saluran Kali Cisalak Kelurahan Kademangan di Kecamatan Setu.

Selain itu, ada Jalan Kuricang Raya RT 01/RW 10 Kelurahan Pondok Ranji di Kecamatan Ciputat Timur, Jalan AMD V RT 01/RW 7 Kelurahan Sawah di Kecamatan Ciputat, Jalan Kelurahan Gang Waru RW 09 dan RW Kelurahan Ciater di Kecamatan Serpong serta Jalan Rawa Kutuk RT 12/RW 008 Kelurahan Pondok Jagung di Kecamatan Serpong Utara.

“Lomba bersih-bersih saluran ini sebagai upaya kami mengedukasi masyarakat agar sadar pentingnya menjaga fungsi saluran air dengan baik, yang tentu saja bisa mengurangi risiko banjir di lingkungan masing-masing. Selain itu, untuk membangun kebersamaan atau gotong royong. Maka itu, kegiatan ini melibatkan langsung masyarakat dan perangkat pemerintah,” Retno menambahkan.

Untuk memudahkan masyarakat melakukan aksi bersih-bersih, menurut Retno Dinas PU Kota Tangsel juga memberikan bantuan peralatan bersih-bersih saluran. Antara lain sekop, cangkul, golok, ember dan pengki. “Kami juga menyebarkan banner Bersih Saluran dan memberikan kaos serta topi Bersih Saluran sebanyak 30 buah di tiap lokasi,” kata Retno.

Sedangkan untuk tim penilai lomba, lanjut Retno, pihaknya melibatkan Forum Kota Sehat (FKS) Kota Tangersel dan sejumlah pejabat di jajaran Dinas PU Kota Tangsel. “Mereka (FKS) lembaga independen dalam melakukan penilaian. Selebihnya dari dinas kita (DPU),” terangnya.

Poin penting yang menjadi bahan penilaian, antara lain aliran air lancar, tidak ada semak-semak di aliran air, bantaran sungai tertata rapi serta penghijauan dan interkoneksi antar saluran.

“Periode Lomba, yakni tangal 4 sampai 10 Agustus merupakan pra pelaksanaan, tanggal 12 sampai 13 periode pelaksanaan dan tanggal 14 sampai 16 adalah pasca pelaksanaan,” kata Retno menambahkan.

Setelah penilaian, bagi kelurahan yang berhasil menjadi juara akan diberikan penghargaan pada puncak peringatan HUT RI ke-72 di Lapangan Cilenggang, Serpong pada 17 Agustus mendatang. Nantinya, pemenang akan mendapatkan piala Bergilir Walikota Tangsel.(one)

Komentar Anda

comments