Yuk, Kenali Kanker Serviks Tanda-tanda & Gejalanya

Diterbitkan  Jumat, 11 / 08 / 2017 23:34

Palapanews.com – Pada tahap awal penyakit kanker serviks secara umum biasanya tidak ada tanda tanda atau gejala yang muncul. Inilah, mengapa wanita disarankan untuk secara rutin menjalani papsmear untuk mendeteksi jika ada masalah pada serviks, seperti misalnya lesi pre kanker.

Adapun gejala yang lebih jelas terlihat muncul atau dirasakan, jika sel kanker sudah menyebar sampai ke bagian dalam jaringan serviks. Gejala-gejala tersebut muncul ketika sel-sel kanker dibiarkan dan tidak ditangani sehingga berkembang menjadi kanker serviks yang invasif.

Beberapa gejala kanker serviks antaralain: perdarahan dari vagina, perdarahan yang terjadi pada saat yang tidak seharusnya, merupakan salah satu gejala kanker serviks. Misalnya, tiba-tiba keluar darah dari vagina padahal Anda tidak sedang menstruasi atau rasa sakit berlebihan dan keluar darah setelah melakukan hubungan seksual.

Perdarahan yang terjadi setelah Anda menopause juga tanda adanya kanker serviks. Keluarnya darah dari vagina bisa menjadi tanda pertama yang disadari pada kanker serviks, tetapi cenderung tidak terlalu ditangani secara serius dan hanya dikira flek saja oleh sebgain besar wanita.

Selain perdarahan, keluarnya cairan tidak normal pada vagina merupakan gejala lain dari kanker serviks. Cairan yang keluar ini biasanya berwarna putih susu atau jernih, bisa juga berwarna kecoklatan, berbentuk seperti air atau encer, berbau tidak sedap, keluarnya cairan juga disertai dengan darah.

Ini gejala lanjutan yang harus Anda ketahui; perdarahan dan keluarnya cairan dari vagina merupakan gejala awal pada kanker serviks. Jika tidak tertangani gejala yang lebih parah dapat muncul pada stadium kanker yang lebih tinggi.

Gejala gejala tersebut seperti; sakit pada punggung, sakit pada bagian panggul, kesulitan buang air kecil dan buang air besar, terjadi pembengkakan pada salah satu atau kedua kaki, merasa lemas, penurunan berat badan yang tiba-tiba dan tidak direncanakan. (Sumber: RSUS)

Komentar Anda

comments