Masyarakat Pertanyakan Sayembara Maskot Pilkada Kota Tangerang

Diterbitkan  Jumat, 11 / 08 / 2017 6:02

Palapanews.com Sayembara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang 2018 mendatang menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat.

Pasalnya, KPU Kota Tangerang hanya menggelar Sayembara Jingle, sedangkan untuk Maskot Pilkada Kota Tangerang tidak di Sayembarakan.

Ruddy, salah satu warga Kota Tangerang mengatakan, kenapa KPU Kota Tangerang tidak menggelar Sayembara Maskot. Padahal hampir setiap daerah yang akan melakukan pemilihan Kepala Daerah selalu menggelar Sayembara Maskot.

“Maskot menjadi salah satu ciri tentang ciri khas dari sebuah daerah. Kalau Jingle tidak semua masyarakat bisa mengikutinya,” ujar Wisnu.

Direktur Lembaga Kebijakan Publik (LKP), Ibnu Jandi mengatakan, seharusnya KPU Kota Tangerang juga menggelar Sayembara Maskot Pilkada Kota Tangerang. Sebab, Maskot tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat karena dapat mewakili ciri khas dari Kota Tangerang.

“Pasti banyak masyarakat yang memiliki beragam ide tentang Kota Tangerang dapat ikutserta dalam Sayembara Maskot Pilkada Kota Tangerang,” imbuh Ibnu Jandi.

Pria berkacamata ini juga mengungkapkan, keberadaan Maskot Pilkada juga sangat efektif untuk disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga secara tidak langsung turut serta (partisipasi) dalam mensuskseskan Pilkada Kota Tangerang.

“Kalau hanya Jingle yang di Sayembarakan tentunya sangat tidak efektif karena tidak semua masyarakat bisa mendengarkannya, tapi jika Maskot tentunya lebih mudah dan gampang,” paparnya.

Ibnu Jandi juga mempertanyakan, kenapa KPU Kota Tangerang hanya menggelar Sayembara Jingle.

“Jangan sampai nanti tiba-tiba Maskot Pilkada Kota Tangerang sudah terpampang, tapi tidak dilakukan Sayembara,” tegas Jandi seraya menegaskan, jika KPU harus transparan dan terbuka dalam setiap pelaksanaannya. Sebab, jangan sampai timbul kesan negatif dimata masyarakat.

Sementara itu, jika dilihat dari media sosial (instagram) resmi milik KPU Kota Tangerang, telah tercantum Maskot Pilkada Kota Tangerang. (ydh)

Komentar Anda

comments