Siloam Hospitals Hadirkan Anak-anak Istimewa

Diterbitkan  Minggu, 06 / 08 / 2017 6:14

Kegiatan kreatif di acara seminar rangkaian peringatan Hari Anak Nasional Siloam Hospitals. (bd)

Palapanews.com – Ratusan peserta mendapatkan pembekalan dan wawasan tentang kanker pada anak  pada Seminar Awam bertemakan “Dimensi Kanker Pada Anak Deteksi Dini dan Pendampingan” yang digelar Siloam Hospitals Lippo Village di Ballroom RS tersebut, Sabtu (05/08/2017).

Siloam Hospitals Lippo Village mengundang para orangtua dan anak istimewa dari wilayah Tangerang dan sekitarnya sebagai peserta dalam seminar yang dikhususkan untuk masyarakat awam itu. Seminar ini, juga digelar dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2017 Siloam Hospitals.

Seperti diketahui bersama penyakit kanker bisa menyerang semua golongan usia, termasuk anak-anak. Namun, gejala penyakit itu kerap tidak disadari penderita sehingga terdeteksi pada stadium lanjut. Untuk itu orangtua berperan penting dalam mengenali gejala-gejala kanker pada  anak.

Para pembicara yang berkompeten di bidangnya mampu mengedukasi peserta yang hadir masing-masing; Spesialis Anak dan Ketua Yayasan Amarylis Kirana, Dr. dr. Rini Purnamasari, Sp.A yang membahas topik “Deteksi Dini Kanker Pada Anak”, kemudian pembicara dari Siloam Hospitals Spesaialis Syaraf Dr. dr. Yusak MT Siahaan, Sp.S menyampaikan topik “Menyiasati Nyeri Pada Anak dengan Kanker”.

Kedua pembicara tersebut mengingatkan peserta akan pentingnya mengenal gejala dini kanker pada anak, karena apabila ditemukan pada tahap awal, maka tatalaksana pengobatannya akan lebih paripurna. Disampaikan pula bahwa nyeri yang dialami anak dengan kanker memerlukan pengobatan dan pendampingan yang holistic, karena nyeri secara fisik akan mempengaruhi kondisi emosional anak.

Seminar Awam “Dimensi Kanker Pada Anak Deteksi Dini & Pendampingan”. (bd)

Materi semakin lengkap dengan hadirnya pembicara dari bagian Farmasi Siloam Hospitals, Cecilia L Pravita M.Farm-Klin, Apt yang secara khusus berbagi “Tips Mengelola Obat Kanker di Rumah”.

“Tujuan dari kegiatan ini, memberikan penyegaran dan informasi kepada orangtua atau peserta akan pentingnya penanganan yang bersifat spesifik pada anak dengan kanker,” ungkap Dr. Dina Garniasih, Sp.A, M.Kes, Spesialis Anak Siloam Hospitals Lippo Village yang juga selaku moderator dan pengarah diskusi.

Dina menegaskan, pendampingan pada anak-anak istimewa ini haruslah paripurna. Keparipurnaan pendampingan ini, memerlukan kesabaran serta pengetahuan yang cukup agar bisa dan mampu memahami kondisi kejiwaaan serta perasaan si anak.

Alexander Mutak, S.Pd, M.M, Business Development Head Siloam Hospitals Lippo Village menyambut baik pelaksanaan seminar ini. Karena, katanya, jarang ada kesempatan bisa bertemu dengan anak-anak istimewa dan orangtua mereka secara bersamaan di satu moment seperti ini.

“Sekaligus kami memperkenalkan bahwa di gedung A Siloam Hospitals Lippo Village, Kami sudah memiliki unit khusus dengan 12 tempat tidur untuk kemoterapi pasien. Dengan dibukanya layanan ini, kami berharap bisa memfasilitasi pasien-pasien umum untuk proses kemoterapi mereka,” tambah Alex.

Pada rangkain acara seminar ini, juga dilaksakan acara khusus untuk anak-anak istimewa yaitu mewarnai dan kegiatan kreatif lainnya, yang didampingi oleh tim dari Yayasan Amarilys Kirana, Tangerang. (bd)

 

Komentar Anda

comments