Pemkot Tangerang Canangkan Imunisasi Campak dan Rubella

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan, mencanangkan kegiatan imunisasi Measles (Campak) dan Rubella (MR) yang merupakan langkah memutus transmisi penularan virus Campak dan Rubella.

Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin yang turut memantau proses pencanangan serta imunisasi di SMPN 4 Kota Tangerang menyampaikan, pelaksanaan kampanye dan introduksi MR adalah program nasional untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella pada tahun 2020.

Oleh karena itu, pencanangan hari ini adalah wujud nyata dukungan Pemkot Tangerang terhadap perwujudan Indonesia yang semakin sehat dan terbebas dari penyakit khususnya di Kota Tangerang.

“Di suntik dulu ya, biar tambah sehat. Engga sakit”, ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengatakan, MR diberikan pada anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Sifatnya wajib dan tidak memerlukan individual informed consent (pemberitahuan persetujuan pribadi).

Di mana pemberian imunisasi ini untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap Campak dan Rubella secara cepat, menurunkan angka kesakitan Campak dan Rubella serta menurunkan angka kejadian Congenital Rubella Syndrome (CRS) 10-20 tahun yang akan datang. Yaitu, ketika penerima vaksin hari ini akan memasuki usia produktif. Idealnya memang, untuk menurunkan angka kejadian CRS tahun depan, kita harus melakukan vaksinasi Rubella kepada wanita yang akan menikah tahun ini. Harapannya jika mereka hamil, sudah punya kekebalan terhadap virus rubella.

“Imunisasi ini, upaya memutus transmisi penularan virus Campak dan Rubella,” kata Kadis Kesehatan Kota Tangerang selepas memberikan imunisasi kepada salah satu siswa.

Untuk diketahui, Campak merupakan penyakit menular yang disebabkan virus dengan masa inkubasi 8-13 hari. Gejalanya, yaitu demam, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk atau pilek.

Sementara itu, Rubella adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Penyakit ini bisa menular kepada wanita hamil dan membahayakan janinnya. (ydh)

Komentar Anda

comments