DPRD Tangsel Bakal Rombak Alat Kelengkapan Dewan

Diterbitkan  Jumat, 07 / 07 / 2017 8:55

Logo DPRD Kota Tangsel. (bbs)

Palapanews.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal merombak seluruh Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Yang bakal dirombak, adalah Komisi, Badan Anggaran, Badan Kehormatan dan Badan Legislasi.

Rencana perombakan AKD ini sudah beberapa kali dirapatkan dan disetujui oleh seluruh Fraksi, yakni Fraksi Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra, Fraksi Hanura, Fraksi PKS, Fraksi MADANI dan Fraksi PADI.

“Perombakan AKD ini bukan hal baru di tubuh DPRD. Tujuannya adalah untuk penyegaran. Karena bisa saja nanti anggota DPRD yang ada di Komisi I pindah ke Komisi lainnya, seperti Komisi II, III maupun IV,” kata Ketua Fraksi Hanura, Saprudin.

Fraksi Hanura, diakuinya mendukung rencana perombakan AKD. Hanya saja, Hanura setuju jika proses perombakan AKD ini dilakukan melalui jalan musyawarah dan yang terpenting penempatan posisi baru nantinya sesuai dengan keahlian masing-masing anggota legislatif.

“Di pertengahan periode itu biasanya memang ada perombakan AKD. Di Fraksi Hanura, kita lakukan musyawarah, kita komunikasi ke setiap anggota. Mereka mau di komisi apa yang sesuai dengan latar belakangnya,” tandasnya.

Ditanya kapan realisasinya, Saprudin mengaku bahwa perombakan AKD tersebut rencananya akan diparipurnakan pekan depan. Paripurna dilakukan setelah seluruh fraksi menyiapkan daftar nama untuk mengisi AKD baru nanti.

“Rencananya minggu depan kita paripurnakan, menunggu semua fraksi sudah menyiapkan daftar nama untuk mengisi AKD yang baru nanti,” tandasnya.

Senada dikatakan Ketua Fraksi MADANI, Dewi Indah Damayanti. Ia menilai perombakan AKD tersebut merupakan hal lumrah. Bahkan menurutnya dengan perombakan AKD, setiap anggota dewan bisa memiliki pemahaman lebih lengkap lagi karena telah merasakan setiap bidang.

“Justru menurut kami dengan adanya perombakan AKD kami memiliki pemahaman lebih luas lagi. Misalnya saya di Komisi I sebelumnya. Jika nanti pindah ke komisi lain, saya jadi memiliki pengetahuan baru soal bidang lainnya. Inilah penitngnya perombakan AKD,” kata politikus Partai Nasdem ini. (jok)

Komentar Anda

comments