Wujudkan PHBS dan Kota Layak Huni


Pemkot Tangerang Bangun 4047 Jamban Sejak 2014

Diterbitkan  Kamis, 06 / 07 / 2017 9:46

Palapanews.com- Demi menciptakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi masyarakat tidaklah mudah. Pasalnya, butuh kerjasama antara masyarakat dan pemerintah daerah. Dan, salah satu cara yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dibawah kepemimpinan Arief R Wismansyah adalah dengan membangun jamban di tiap Kecamatan se- Kota Tangerang.

Pembangunan jamban atau jambanisasi tersebut diperuntukan bagi masyarakat yang belum memiliki jamban di rumahnya.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, pembangunan jambanisasi ini sebagai bentuk kepedulian Pemkot Tangerang kepada masyarakat untuk menciptakan PHBS serta mewujudkan Kota Layak Huni.

“Kita menginginkan agar masyarakat Kota Tangerang bisa hidup bersih dan sehat, sehingga kita bantu dengan pembangunan jamban di tiap rumah warga yang memang belum memiliki jamban,” kata Arief seraya menambahkan dengan memiliki jamban tentunya masyarakat akan sehat, serta tidak adanya pencemaran lingkungan ditengah masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Tangerang, Maryono Hasan menerangkan, pembangunan jambanisasi tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Dimana, pembangunan jambanisasi ini berasal dari Musrembang demi menciptakan PHBS dan Kota Layak Huni.

“Ini merupakan salah satu gagasan dari Pak Walikota untuk menciptakan pola hidup bersih dan sehat serta mewujudkan Kota Layak Huni,” papar Maryono.

Untuk tahun ini, kata Maryono, pembangunan jambanisasi sebanyak 1000 jamban yang tersebar di seluruh kecamatan, tapi yang paling banyak berada di Kecamatan Neglasari.

“Pembangunan jambanisasi juga bekerjasama dengan BKM- BKM yang ada di tiap wilayah karena BKM merupakan unsur dari masyarakat,” jelas Maryono seraya menambahkan, pembangunan jambanisasi secara keseluruhan berjumlah 4047 jamban sejak tahun 2014. (ydh)

Komentar Anda

comments