Wow, Dalam Sepekan Trafik Data XL Axiata Naik 218 %

 

Palapanews.com – Dalam periode 20-27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran, tercatat terjadi kenaikan trafik layanan Data hingga 15 % dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218 % dibandingkan trafik di periode yang sama tahun lalu. Sesuai prediksi, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat kenaikan trafik layanan Data di hari Lebaran Idul Fitri 2017.

Kenaikan ini, terutama didorong meningkatnya aktivitas akses ke layanan Data oleh pelanggan dibandingkan hari-hari biasa, serta sebagai dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia. Meski terjadi kenaikan trafik, jaringan XL Axiata sukses melayani pelanggan, tanpa hambatan yang berarti.

“Hingga saat ini, hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik Data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan. Semua persiapan kami telah berjalan sesuai dengan rencana, termasuk mengenai penambahan kapasitas jaringan hingga 2x lipat,” ungkap , Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata kemarin.

Dijelaskan Yessie, layanan Data kembali mendominasi kenaikan trafik, di mana pelanggan secara lebih aktif mengkases berbagai jenis layanan Data, terutama media sosial (medsos) berbagai platform. Kenaikan trafik Data di periode Lebaran juga terjadi sesuai dengan trend pemakaian layanan Data untuk berkomunikasi dan berkirim pesan, baik dalam format text, voice, video call, maupun multimedia.

Karena itu lanjutnya, tidak mengherankan jika kenaikan trafik Data sangat dominan, menggantikan layanan-layanan telekomunikasi tradisional. Trafik Data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB.

Akses ke sejumlah media sosial popular memang meningkat dibandingkan trafik akses pada hari biasa. Trafik akses ke Facebook tertinggi meningkat lebih dari 50%, Instagram lebih dari 20%, serta YouTube lebih dari 17%. Kenaikan dipicu oleh kebutuhan pelanggan untuk berbagi informasi dan pengalaman menjalani aktivitas seputar merayakan Lebaran. Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135%.

Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek. Kemajuan teknologi digital juga semakin memberikan layanan yang berkualitas untuk akses ke layanan instant messaging, voice, video, dan video call seiring dengan semakin meningkatnya kualitas jaringan Data yang tersedia di tengah pelanggan.

Kecenderungan tersebut terlihat dari meningkatnya akses ke layanan social media messaging (WhatsApp, FB Messenger, LINE) lebih dari 46,5%, sekaligus menunjukkan perubahan behavior pelanggan yang sebelumnya banyak menggunakan layanan tradisional SMS. Kenaikan yang tinggi ini juga terdorong oleh kebutuhan pelanggan untuk menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Hal yang sama juga terjadi pada akses ke layanan berbasis VoIP Call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype) hingga sekitar 9%, sebagai sarana baru untuk menggantikan layanan voice tradisional atau telepon biasa. Kualitas akses Data melalui jaringan 4G LTE terbukti telah meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan Data, termasuk konten Data berukuran besar seperti video/film dan foto-foto beresolusi tinggi.

Peningkatan trafik akses lainnya terjadi pada konten video, termasukdownload/upload sekitar 6%, serta pada akses video call (via BBM, Viber, LINE, WhatsApp, Facebook VoIP, Skype) meningkat sekitar 9%. Kenaikan trafik semua jenis layanan Data tersebut juga terdorong oleh dampak positif perluasan jaringan 4G LTE di berbagai daerah di luar Jawa, baik di Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi. (rls/bd)

 

Komentar Anda

comments