Atasi Macet Menuju Bandara Soekarno Hatta, JA Connexion Jawabannya

Palapanews.com- Diresmikannya Jakarta Airport (JA) Connexion oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinilai sangat membantu usaha Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang dapat meminimalisir kemacetan di Kota Tangerang.

Pasalnya, mobilitas masyarakat yang akan menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta banyak yang melintasi kota yang berjuluk Kota Seribu Industri Sejuta Jasa.

“Ini sebuah terobosan dan pengembangan dari sisi transportasi. Masyarakat diberikan pilihan akses transportasi menuju bandara dan akan turut mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang dapat minimalisir kemacetan,” papar Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, selepas peresmian Angkutan Bandara (JA) Connexion dan Aplikasi Angkutan Umum (Moovit) oleh Kementerian Perhubungan, di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Selasa (30/05).

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, lanjutnya, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), atas inovasi-inovasinya dalam mengembangkan sistem transportasi.

Dengan begitu, kata Arief, masyarakat khususnya yang ada di sekitar bandara yang sekarang harus mutar terlebih dulu, tidak perlu khawatir lagi karena akan turut diatasi dengan adanya sistem transportasi massal melalui JA Connexion.

Memang untuk saat ini, bus kebanyakan melayani rute dari (mal dan hotel) yang ada di Jakarta. Namun, Pemkot Tangerang, tadi sudah mengusulkan. Misalnya, dari Mal Alam Sutera, Tangerang City Mal, atau dari batas Kota Tangerang, ada Lippo Karawaci, di mana para penumpangnya juga bisa turut diangkut langsung ke bandara.

“Jadi, tidak perlu bawa kendaraan pribadi lagi. Lokasi tersebut bisa dijadikan sebagai titik kumpul dan jemput masyarakat yang akan ke bandara,” terangnya.

Selain itu, kata Arief, tadi ada beberapa vendor bus yang juga akan membangun jaringan (JA) Connexion dari wilayah Tangerang ke bandara. Mudah-mudahan dapat segera ditindaklanjuti sehingga akan turut mengurangi penggunaan kendaraan pribadi khususnya bagi masyarakat Kota Tangerang maupun yang melintas Kota Tangerang, untuk kemudian beralih menggunakan transportasi massal.

Apalagi banyaknya kendaraan yang melintas ke Kota Tangerang, diantaranya adalah kendaraan pribadi yang akan menuju bandara dan Jakarta. Dengan adanya JA Connexion, masyarakat diberikan pilihan akses transportasi menuju bandara sehingga akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi khususnya didalam Kota Tangerang.

“Kalau masyarakat sudah merasa nyaman, insya allah mereka akan beralih dari transportasi pribadi ke massal, yang terpenting pemerintah sebagai penyedia layanan, dapat benar-benar memberikan rasa nyaman, aman dan tentunya murah juga dapat dijangkau siapa saja,” ungkapnya. (ydh)

Komentar Anda

comments