Clariant dan Huntsman Bergabung Melalui Merger Setara

Diterbitkan  Sabtu, 27 / 05 / 2017 10:56

Hariolf Kottman, CEO of Clariant dan President (kiri) dan CEO of Huntsman Peter R. Huntsman – clariant. (ist)

Palapanews.com – Clariant (SIX: CLN) dan Huntsman Corporation (NYSE: HUN) belum lama ini, mengumumkan seluruh jajaran dewan direksi telah mengesahkan sebuah perjanjian final untuk melakukan merger setara melalui transaksi seluruh saham.

Melalui pengumumannya, perusahaan hasil merger tersebut akan dinamakan HuntsmanClariant. Berdasarkan pada pro forma 20161, penggabungan dua perusahaan tersebut akan menciptakan sebuah perusahaan dunia terdepan di bidang kimia khusus dengan nilai rata-rata penjualan $13,2 miliar, dengan EBITDA yang telah disesuaikan senilai $2,3 miliar serta nilai perusahaan gabungan sekitar $20 miliar.

Gabungan perusahaan ini, juga diyakini akan memberi keuntungan satu sama lain. Langkah merger tersebut secara signifikan akan meningkatkan profil pertumbuhan di pasar-pasar akhir (end markets) dan kawasan-kawasan yang sangat menarik.

Seiring itu HuntsmanClariant akan saling memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki secara berkesinambungan dan meningkatkan platform inovasi gabungan yang lebih kuat. Hal tersebut akan memungkinkan pengembangan produk-produk baru guna menghasilkan keuntungan yang besar dan

Hariolf Kottman, CEO of Clariant dalam siaran pers yang diterima palapanews.com mengutarakan, merger ini merupakan kesepakatan yang sempurna di waktu yang tepat. Clariant dan Huntsman bergabung untuk dapat menjangkau pasar global yang lebih luas, menciptakan kekuatan inovasi yang berkesinambungan dan meraih kesempatan-kesempatan pertumbuhan baru.

“Ini merupakan momen terbaik bagi seluruh pemegang saham kami. Saya dan Peter Huntsman berbagi visi strategis yang sama dan saya berharap untuk dapat segera bekerja sama dengannya,” ungkapnya.

Sementara itu Peter R. Huntsman, President and CEO of Huntsman, mengaku merasa sangat antusias dengan merger ini, dan sangat berharap dapat segera bekerja sama dengan Hariolf Kottmann.

Ini beberapa hal penting seputar transaksi Clariant dan Huntsman : Merger seluruh saham dengan transaksi setara, Pemegang saham Clariant: 52%, pemegang saham Huntsman: 48%, Para pemegang saham Huntsman menerima 1,2196 saham pada HuntsmanClariant untuk setiap saham Huntsman (setiap saham Clariant yang beredar akan tetap dianggap sebagai selembar saham di HuntsmanClariant).

Kemudian juga Dewan direksi dengan perwakilan yang setara dari Clariant dan Huntsman, Kantor Pusat Global di Pratteln, Switzerland, Kantor Pusat Operasional di Woodlands, Texas, Terdaftar (Listing) di dua bursa saham the SIX Swiss Exchange dan the New York Stock Exchange. (rls/bd)

Komentar Anda

comments