Bahas Soal Drainase, DPU Tangsel Undang BPPT

Diterbitkan  Rabu, 24 / 05 / 2017 4:17

Sekretaris DPU Tangsel, Aries Kurniawan saat menyampaikan laporan Bimtek Pemeliharaan Drainase.

Palapanews.com- Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Bimbingan Teknis Pemeliharaan (Bimtek) Drainase di salah satu rumah makan di kawasan Serpong, Selasa (23/5). Kegiatan ini dihadiri puluhan pegawai, khususnya pegawai pada bagian pemeliharaan saluran drainase.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala DPU Kota Tangsel, Retno Prawati. Bimtek juga menghadirkan narasumber dari BPPT yang diantaranya Wiwiek Dwi Susanti dari Pusat Teknologi Reduksi Resiko Bencana (PTRRB) serta Budi Heri Santosa dari Pusat Teknologi Sumber Daya Wilayah (PTPSW).

Sekretaris DPU Kota Tangsel selaku panitia penyelengara kegiatan, Aries Kurniawan mengatakan Bimtek tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya pegawai yang berkaitan dengan pemeliharaan drainase. Tak hanya secara teknis, para pegawai juga harus paham soal administratif.

“Drainase merupakan salah satu instrumen penting. Dengan baiknya kualitas SDM yang kita miliki, maka kualitas pekerjaan pemeliharaan saluran drainase, khususnya drainase lingkungan permukiman masyarakat akan lebih baik pula,” kata Aries menjelaskan.

Dalam sambutannya, Kepala DPU Kota Tangsel, Retno Prawati mengatakan proses pembangunan infrastruktur di kota dengan tujuh kecamatan ini begitu pesat. Maka itu, DPU Kota Tangsel harus bisa mengimbanginya dengan menyajikan infrastruktur yang memadai, seperti jaringan jalan, jaringan drainase, penataan utilitas dan penataan infrastruktur lainnya.

“Pembangunan yang sudah berjalan harus tetap dijaga dengan pemeliharaan rutin yang dilaksanakan, seperti jaringan drainase yang kualitasnya terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Retno menambahkan.

Pemeliharaan drainase, menurutnya merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga pekerjaan yang telah dibangun agar tetap berada dalam kondisi yang baik dan dapat digunakan serta dinikmati oleh masyarakat dalam waktu yang lama. Sehingga, saluran drainase yang sudah dibangun dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan tidak menyebabkan genangan air dan sumbatan di lingkungan permukiman masyarakat.

“Saya harap, Bimtek ini menjadi salah satu langkah dalam meningkatkan sumber daya aparatur Dinas Pekerjaan Umum dan optimalisasi pelaksanaan pekerjaan khususnya bagian pemeliharaan saluran drainase di Tangsel,” tandasnya. (red)

Komentar Anda

comments