Indonesia Turunkan 4 Team Hadapi Kejuaraan Dunia Barongsai

Diterbitkan  Selasa, 11 / 04 / 2017 23:59

Ronald Syarif (Kong Ha Hong), Jannywati Hartini (Living World) dan Xaverius D (FOBI). (bd)

Palapanews.com – Indonesia siap menurunkan 4 team Barongsai pada kejuaraan Barongsai Internasional “Living World All Star International Lion Dance Championship” yang digelar di Living World Alam Sutera Serpong selama dua hari mulai 23-24 April 2017.

Dari sebanyak 11 team dari 6 negara yang akan turut ambil bagian pada kejuaraan Barongsai dunia ini, 4 diantaranya team Indonesia dan sisanya negara lain yakni: China, Hongkong, Malaysia, Singapore dan Australia.

“Team Barongsai yang akan mewakili Indonesia adalah Kong Ha Hong yang pernah menjadi juara dunia pada tahun 2009 di Guang Zhou, 2014 di Indonesia dan 2015 di Beijing. Dan team FOBI Kaltara yang menjadi juara 1 PON 2016 lalu,” ungkap Ronald Syarif, Ketua Yayasan Kong Ha Hong pada konferensi pers di Living World, Selasa (11/04/2017).

Pada kesempatan yang sama, Xaverius Djunair yang menjabat sebagai Sekjen Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) menerangkan yang menjadi kriteria penilaian dalam kejuaraan Barongsai ini terdiri dari: penilaian bentuk dari Barongsai, kerjasama anatar pemain, langkah-langkah atau kuda-kuda, keserasian musik, ekspresi para pemain dan juga tingkat kesulita.

“Penjurian sudah mengikuti Standard Internasional dengan jumlah juri total sebanyak 9 orang yakni 3-4 orang juri dari Indonesia sedangkan sisanya juri dari masing-masing negara peserta. Jadi nantinya sistem penilaian cukup fair,” jelas Xaverius.

Adapun kategori untuk pertandingan ini adalah kategori Tonggak yang merupakan satu dari 18 kategori yang ada dalam suatu kejuaraan Barongsai. Bentuk Barongsai, teknik, kuda-kuda, kerjasama mendapat nilai maksimal 5, sedangkan ekspresi, alur cerita dan musik maksimal penilaian nilai 3.

“Untuk tingkat kesulitan semakin tinggi semakin besar nilainya, sehingga ini menjadi tantangan bagi para peserta. Mereka harus lebih gesit, cepat, dan kuat. Kita berharap event ini bisa berlanjut terus, kemudian untuk kategorinya bertambah, juga persertanya lebih banyak lagi,” kata Xaverius.

Diinformasikan, bahwa kesenian Barongsai sudah resmi menjadi salah satu cabang olahraga nasional yang dinaungi oleh FOBI dan sudah ada di 20 provinsi serta menjadi anggota badan dunia yaitu International Dragon and Lion Dance Federation (IDLDF).

Anggota IDLDF sudah mencapai 35 negara yang tersebar di seluruh dunia. Begitu juga FOBI saat ini sudah resmi menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).  (bd)

Komentar Anda

comments