Ini 7 Prioritas Pembangunan dalam Musrenbang RKPD Banten

Bincang-bincang kepala daerah  dengan Mendagri RI usai Musrenbang Provinsi Banten. (ist)

Palapanews.com – Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan RKPD yang digelar oleh Provinsi Banten bertempat di salah satu hotel di kawasan Tanah Tinggi, Kota Tangerang, Senin (10/04/2017).

Selain Walikota Tangsel hadir pula bupati/walikota se-Provinsi Banten beserta jajaran OPD pemerintahan terkait dan Plt. Gubernur Prov. Banten Nata Irawan. Kegiatan Musrenbang juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo dan Ketua DPD Provinsi Banten.

Musrenbang ini, merupakan forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah, yang diatur oleh Undang-Undang No. 25 Tahun 2004: tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.  Diatur juga oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas untuk tingkat nasional dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Plt. Gubernur Nata Irawan menjelaskan, kegiatan ini dilakukan agar dapat menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan nasional.

“Dengan adanya prioritas pembangunan diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Banten,” katanya saat membrikan sambutan.

Mendagri RI Tjahyo Kumolo berpesan, program prioritas Provinsi Banten tahun 2018 harus dibangun dengan hubungan tata kelola pemerintah pusat dan daerah yang lebih efektif dan efisien. Hal ini dalam upaya untuk mempercepat reformasi birokrasi serta otonomi daerah.

“Sinergitas antar daerah di Provinsi Banten harus terjalin dengan baik untuk mempercepat pemerataan pembangunan,” katanya.

Ini 7 Prioritas Program Pembangunan di Provinsi Banten: peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan serta pendidikan, pembangunan infrastruktur (wilayah, energi, dan air baku), pemanfaatan sumber daya kelautan, peningkatan kualitas dan penatausahaan keuangan daerah, perlindungan dan rehabilitasi sosial, perluasan lapangan kerja serta usaha, dan yang terakhir pembangunan pertanian dan ekonomi lokal. (rls/bd)

Komentar Anda

comments