Relawan Moli Turut Dorong Minat Baca di Banten

Diterbitkan  Jumat, 24 / 03 / 2017 23:35

Relawan Motor Literasi siap jemput sumbangan buku door to door. (ist)

Palapanews.com – Komunitas relawan baru telah hadir di Banten, Moli alias Motor Literasi, sebuah upaya yang dilakukan para relawan literasi, pengelola TBM dan komunitas motor untuk ikut terlibat dalam gerakan literasi di Indonesia.

Ada dua hal tujuan didirikannya Komunitas Moli ini, yakni; pertama Komunitas Moli bertugas menjemput sumbangan buku secara door to door. Sebab selama ini banyak masyarakat yang ingin menyumbangkan buku-bukunya, tetapi tidak tahu harus diserahkan ke mana. Kedua, Moli akan mengadakan “Lapak Buku” yang digelar  setiap hari Minggu di berbagai daerah.

“Nah, Moli menjadi fasilitator untuk mengambil buku setelah terkumpul, kemudian kami akan menyerahkannya ke TBM-TBM yang ada di pelosok desa,” ungkap Firman Venayaksa, yang membidani lahirnya Komunitas Moli.

Agenda Minggu ini, 26 Maret 2017 mulai pukul 06.00-09.30 WIB akan digelar kegiatan melapak di alun-alun Kota Serang. Jadi siapa pun yang ingin menyumbangkan buku-buku bisa datang langsung ke lokasi acara.

“Lapak buku ini, juga kami gunakan sebagai ajang bersilaturahim sesama relawan literasi,” tambah Firman.

Nugra, salah satu relawan Komunitas Moli, yang dikenal sudah lama terlibat di komunitas motor ini, mengatakan siapapun boleh terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Ini bentuknya gerakan, jadi siapapun yang merasa ingin bergabung silakan saja,” tambahnya.

Tecatat hingga sekarang ada sekitar 30 orang relawan yang bergabung di Moli dengan beragam latar belakang seperti mahasiswa, guru, wartawan, penulis, pegawai swasta, ASN dan dosen. (ist/bd)

Komentar Anda

comments