Kepsek SMPN 14 Berikan Sosialisasi ke Pedagang


Hindari Penggunaan Styrofoam

Diterbitkan  Jumat, 10 / 03 / 2017 12:40

Palapanews.com – Kepala SMPN 14 Kota Tangerang, Endah Susanti mengajak para pedagang yang berjualan di kantin sekolah untuk tidak lagi menggunakan styrofoam sebagai wadah makanan yang dijualnya.

Hal tersebut dilakukannya saat melakukan pembinaan kepada 20 orang pedagang makanan yang berjualan di kantin SMPN 14 Kota Tangerang, Rabu (9/3).

Langkah tersebut dilakukan guna melindungi siswa dari risiko terkena berbagai zat berbahaya yang terkandung dalam styrofoam dan membuat makanan tersebut terkontaminasi.

“Anak-anak ini paling rentan terkena penyakit, mereka kadang tidak tahu dari mana asalnya penyakit tersebut, bisa dari makanan atau tempat makannya. Jadi saya rasa pemahaman seperti ini harus terus dilakukan,” ujarnya kepada Palapanews.com.

Sebab kata dia, anak-anak tidak mengetahui apakah styrofoam itu baik atau tidak. Pasalnya, yang menjadi subjek mereka adalah makannya, bukan wadahnya.

“Makanya yang kita kasih pembinaan itu para pedagangnya, agar mereka segera mengganti styrofoam dengan alternatif lainnya, seperti piring yang mereka sediakan,” ucapnya.

Selain faktor kesehatan, Endah menjelaskan, ternyata penggunaan styrofoam juga memberikan dampak yang kurang baik terhadap lingkungan. Sebab, sampah tersebut tak mudah terurai.

“Beberapa waktu yang lalu salah satu penyebab banjir di Bandung adalah sampah styrofoam, makanya kita harus secara dini mencegahnya,” jelasnya.

Endah menambahkan, pada tahun ini juga sekolah yang dipimpinnya sedang menerapkan program sekolah Adiwiyata.

“Jadi penting adanya jika kita menerapkan pola hidup sehat serta menjaga lingkungan sekolah,” tambahnya.

Sementara, Odim salah satu pedagang yang sudah delapan tahun berjualan di SMPN 14 mengaku tidak keberatan jika harus mengganti styrofoam yang biasa digunakannya dengan alternatif lain.

“Setelah diberikan penjelasan kami semua akan mengganti styrofoam dengan piring-piring plastik, yang penting meja di kantin ditambah lagi jumlahnya,” pungkasnya. (pp)

Komentar Anda

comments