Pertama Kali Beli Properti? Jangan Lewatkan 5 Tips Ini

Diterbitkan  Jumat, 17 / 02 / 2017 17:11

Tips beli properti.

Palapanews.com- Membeli properti bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang harus diperhatikan, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali membeli. Oleh karena itu, portal properti global Lamudi kali ini akan memberikan 5 tips penting untuk Anda yang akan membeli properti pertama kali.

1.Tipe hunian apa yang cocok untuk Anda?
Rumah atau apartemen adalah pilihan utama. Tapi ternyata masih banyak opsi lain yang bisa dipilih misalnya kondominium atau membeli tanah untuk kemudian membangun hunian sesuai dengan desain yang diinginkan. Setiap opsi memiliki kelebihan dan kekurangannya, namun bila membicarakan harga, lebih banyak pembeli properti yang memilih apartemen.

2. Apakah Anda sanggup membayar?
Setiap properti memiliki biaya pemeliharaan dan besar pajak masing-masing. Hitung kemampuan finansial Anda secara cermat sehingga Anda terhindar dari kerugian. Jangan lupakan pula untuk memasukkan biaya asuransi ke dalam biaya pengeluaran tambahan.

3. Mencari rumah
Banyak cara yang bisa digunakan untuk mencari hunian idaman Anda mulai dari menyewa agent real estate lokal, atau menggunakan portal properti online. Gunakanlah cara yang paling efektif menurut Anda.

4. Pelajari Cara Bernegosiasi
Jika Anda ahli bernegosiasi, maka harga properti yang lebih murah bisa didapat. Misalnya mintalah diskon 5-10% dari harga yang ditawarkan. Namun, jangan sampai Anda menawar terlalu sadis juga, menurut Tom Reeve, analis internal Lamudi, jika seseorang menawar terlalu rendah bisa saja sang penjual properti menganggap Anda hanya main-main.

5. Selalu periksa rumah yang akan dibeli
Rumah yang akan dibeli bisa saja terlihat bagus dari luar namun jangan anggap sepele untuk selalu mengecek ulang kondisi properti. Karena sedikit saja kelalaian bisa menimbulkan masalah yang besar nantinya. (red)

Komentar Anda

comments