Awasi Warga Negara Asing, Depok Punya APOA

Diterbitkan  Rabu, 15 / 02 / 2017 9:01

Ilustrasi.

Palapanews.com- Pengawasan orang asing di Kota Depok, Jawa Barat makin intensif. Terlebih, kini Kota Depok sudah memiliki Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) yang mulai disosialisasikan oleh Kantor Imigrasi Kelas II setempat.

Kasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas II Depok, Jeacky Gerald Gerung mengatakan dasar hukum pelaksanaan pengawasan orang asing ini sesuai dengan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dibuat bersama Pemkot tentang pelaksanaan kerjasama pengawasan orang asing.

“Ini juga menjadi bentuk sinergitas bersama pemerintah dalam mendata keberadaan WNA (Warga Negara Asing) di Kota Depok,” katanya saat sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) di salah satu hotel di Depok, Selasa (14/2/17) kemarin.

Ia mengaku, APOA dapat membantu proses pelaporan maupun pengawasan keberadaan orang asing menjadi lebih cepat dan mudah. Selain memudahkan pelaporan, aplikasi ini juga mempermudah pihak Imigrasi dalam memberikan pelayanan kepada orang asing, dalam konteks perlindungan serta memberikan sarana penyampaian aspirasi dari masyarakat.

“Misalnya saja ada penjamin yang menemukan orang asing yang diduga melanggar hukum, maka bisa langsung melaporkannya kepada kami melalui APOA ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengharapkan kepada pihak kecamatan untuk melakukan kembali sosialisasi ini di masing-masing wilayah. Dengan begitu, semua lapisan masyarakat dapat mengerti dan memanfaatkan aplikasi pelaporan orang asing yang telah disediakan.

“Kami berharap bapak atau ibu yang mewakili kecamatan bisa meneruskan ini kepada masyarakat agar bisa dimanfaatkan dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok, Dadan Gunawan mengungkapkan pihaknya memerlukan peran serta seluruh elemen dalam mengawasi keberadaan orang asing di Depok. Karena itu, forum sosialisasi ini diadakan guna membangun kesadaran dari masyarakat serta perangkat daerah.

“Dengan sosialisasi ini timbul kesadaran dari target yang disampaikan (pemilik tempat tinggal, hotel, apartemen) bisa melakukan input kepada APOA ini dan diharapkan idealnya semua data semua orang asing yang ada di Depok bisa terpetakan dengan baik sehingga jika suatu saat data dan informasi itu dibutuhkan, maka kami bisa menyediakannya,” tutupnya. (red)

Sumber: depok.go.id

Komentar Anda

comments