Siswa SDN Paninggilan 2 diajak Jaga Kebersihan Toilet

Diterbitkan  Senin, 06 / 02 / 2017 9:59

Salah satu siswa SD Negeri Paninggilan 2 Ciledug, Kota Tangerang sedang memberikan contoh soal menjaga kebersihan dengan mencuci tangan.

Palapanews.com – Seluruh siswa dilingkungan SD Negeri Paninggilan 2 Ciledug, Kota Tangerang diajak untuk jaga kebersihan sekolah, termasuk toilet.

Menurut penuturan Ali Basuni, Kepala SDN Paninggilan 2 bahwa pendidikan lingkungan sangat penting diberikan sejak dini untuk para siswa.

“Pada dasarnya yang ingin kami ajarkan kepada siswa adalah rasa tanggung jawab terhadap tindakannya, dimulai dari perilaku kebersihan. Banyak kita temui dibeberapa tempat para siswa dengan santai nya membuang sampah sisa makanannya secara sembarangan, tanpa disadari dampak dari perbuatannya,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Ali tersebut menjelaskan, atas keprihatinannya itu membuat dirinya terus memberikan pemahaman soal kesadaran kebersihan lingkungan. Sehingga, siswa diharapkan mampu memiliki rasa tanggung jawab atas segala tindakannya, termasuk terhadap lingkungan.

“Begitu pun terhadap kebersihan toilet sekolah, salah satu tempat yang keberadaannya sangat penting untuk semua siswa dan juga guru,” ungkapnya.

Bahkan, apa yang dilakukannya terhadap siswa sejalan dengan program Pemerintah Kota Tangerang, khususnya Dinas Pendidikan untuk menjadikan sekolah yang berwawasan lingkungan.

“Kami memang belum menerapkan sekolah berbasis Adiwiyata, namun secara perlahan-lahan kita sedang menuju program tersebut,” paparnya.

Sementara Devi (11), siswi kelas VI SDN Paninggilan 2 mengaku mendapatkan banyak pengalaman dari apa yang diajarkan oleh guru dan kepala sekolah tentang pendidikan lingkungan.

“Jadi kalo di rumah ngajak temen-temen untuk tidak membuang sampah sembarangan, bahkan aku juga bisa memberi tahu mereka mana sampah organik dan non-organik,” jelasnya.

Dari pengalamannya tersebut membuat Devi bisa mengajak siswa yang lain untuk menjaga kebersihan toilet sekolah.

“Dulu itu waktu aku masih kelas 3 gak betah ke toilet karena kotor dan bau, tapi sekarang toilet sekolah aku sudah bersih dan harum, karena semua orang bertanggung jawab atas kebersihannya,” pungkasnya. (pp)

Komentar Anda

comments