Kota Tangerang Sabet Penghargaan WTN

Pemkot Tangerang meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha. (ist)

Palapanews.com- Pemkot Tangerang meraih penghargaan Piala Wahanan Tata Nugraha (WTN) Kategori Lalu Lintas. Penghargaan diberikan atas upaya Pemkot Tangerang melakukan penataan dan memberikan layanan terbaik di bidang transportasi darat.

Dengan diraihnya penghargaan tersebut, Arief berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan transportasi, baik masyarakat, maupun pihak kepolisian, sehingga menghantarkan Kota Tangerang meraih penghargaan tersebut.

Walikota mengatakan, penghargaan ini adalah wujud apresiasi dari Pemerintah Pusat atas kemampuan daerah dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan operasional transportasi perkotaan yang selama ini dinilai sudah berupaya melakukan penataan transportasi yang nyaman dan aman bagi masyarakat.  Dirinya berharap, dengan adanya penghargaan ini semakin memacu kami dari Pemkot untuk senantiasa tetap komitmen dalam mengatasi permasalahan lalu-lintas yang ada di Kota Tangerang.

Kedepan, sambung Arief, Dinas Perhubungan Kota Tangerang diharapkan terus berinovasi bersama Polres Tangerang Kota maupun dengan pihak terkait seperti Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda), guna menyelesaikan masalah lalu-lintas yang saat ini menjadi momok bagi kawasan perkotaan.

“Satu hal yang patut disyukuri, untuk kemudian terus melakukan penataan-penataan bidang perhubungan darat agar kondisinya semakin nyaman dan aman bagi masyarakat,” tukasnya seraya menegaskan, aspek penataan transportasi yang berkelanjutan dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan, itulah yang akan terus kami upayakan ke depannya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Syaiful Rohman menuturkan, pihaknya terus berupaya menata transportasi di Kota Tangerang melalui berbagai cara. Diantaranya memanfaatkan moda transportasi massal. Seperti melalui operasionalisasi pelayanan angkutan massal yaitu transjabodetabek dengan koridor terminal Poris Plawad-Kemayoran, pelayanan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) koridor Terminal Poris Plawad-Pulogadung, Poris Plawad-Mall Taman Anggrek.

Kemudian, tahun lalu hingga saat ini telah beroperasi Bus Rapid Transportation (BRT) dalam kota yang memenuhi koridor Terminal Poris Plawad-Jatiuwung. Di mana tahun 2017, akan dilakukan pengembangan jalur layanan, yaitu dengan menambah satu koridor untuk rute Terminal Poris Plawad- Perum.

Syaiful juga melontarkan, pihaknya juga akan senantiasa berkoordinasi dengan pihak Organda terkait penataan regulasi angkutan kota, baik dari segi aturan untuk para supir, rute trayek serta mengoptimalkan keberadaan koperasi Organda. Dirinya juga akan berupaya mendorong partisipasi perusahaan swasta seperti Jasa Raharja selaku perusahaan asuransi dalam bidang perhubungan, untuk dapat memberikan kontribusinya dalam perwujudan bidang transportasi darat yang semakin nyaman dan aman bagi masyarakat Kota Tangerang.

Capaian ini tentunya sebagai lecutan bagi jajarannya untuk terus meningkatkan dan memberikan pelayanan transportasi yang semakin baik, sehingga dapat tercipta sistem lalu-lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin kesamaan hak bagi pengguna jalan.

“Tahun lalu, kami raih kategori metropolitan, tahun ini kategori lalu-lintas. Insyaallah, tahun depan kita akan bisa memperoleh tingkat yang lebih tinggi lagi. Hal itu tentunya akan diupayakan dengan terus melakukan penataan serta sosialisasi dan komunikasi secara intens kepada masyarakat,” citanya.

Kota Tangerang menjadi salah satu dari 114 kota dan kabupaten  yang menerima WTN untuk kategori lalu-lintas. WTN sendiri adalah anugerah tahunan sebagai wujud apresiasi pemerintah pusat terhadap kota, kabupaten, provinsi serta perusahaan jasa angkutan yang telah melakukan penataan dan layanan terbaik di bidang transportasi darat. (rls/ydh)

Komentar Anda

comments