Proyek Flyover Gaplek Ditarget Mulai Digarap 2017

Palapanews.com- Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan pembangunan flyover Gaplek di Kecamatan Pamulang bakal dibangun mulai tahun depan. Pasalnya saat ini proses pembebasan lahan flyover yang bakal dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu sudah mencapai 90 persen.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel, Retno Prawati mengatakan hingga Desember 2016 pembebasan lahan yang dilakukan tim pembebasan lahan dari Pemkot Tangsel sudah merampungkan 90 persen. Kata dia, masih ada 10 bidang lahan yang belum dibebaskan mengingat saat ini masih tahap proses kasasi di pengadilan.

“Paling tidak Maret 2017 sudah bisa dimulai. Karena pembebasan lahan terus berjalan dan masih tersisa 10 bidang lahan. Proses land clearing juga berjalan untuk lahan yang memang sudah dibebaskan,” katanya menjelaskan di Serpong, Jumat (30/12/2016).

Ia mengaku, Mahkamah Agung (MA) telah memutuskan perkara kasasi yang sempat diajukan oleh pemilik lahan lantaran menuntut kenaikan harga tanah. Warga yang merupakan pemilik lahan bisa mengambil uangnya yang dititipkan di pengadilan.

“Prosesnya hampir selesai. Warga bisa mengambil uangnya di pengadilan. Kita targetkan Maret 2017 sudah selesai semua untuk bidang lahan,” Retno menambahkan.

Retno menjelaskan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat selanjutnya akan membuat kontrak pekerjaan pembangunan flyover Simpang Gaplek. Dipastikan megaproyek yang didanai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara ini kontraknya pada tahun jamak atau multiyears.

“Jadi mulai tahun depan‎ progresnya proyek fisik flyover Gaplek sudah mulai dilaksanakan,” jelasnya.

‎Masih menurut Retno, flyover Gaplek nantinya akan melintang dengan panjang 1 Kilometer di Jalan RE Martadinata dari arah Sawangan, Kota Depok menuju Ciputat, Kota Tangsel. Lebar flyover yang direncanakan sejak 2012 itu mencapai 36 ROW dengan empat lajur.

“Untuk bagian bawah flyover akan dibuat taman, tidak seperti flyover Ciputat. Akan ada pelebaran juga di bawah flyover dari arah Pamulang menuju Pondok Cabe dengan lebar jalur 16 meter,” tandasnya. (nad)

Komentar Anda

comments