Pemkot Tangsel Klaim Serapan Anggaran 2016 Capai 90 Persen

Diterbitkan  Kamis, 29 / 12 / 2016 8:00

Wakil Walikota Tangsel, Bneyamin Davnie. (dok)

Palapanews.com- Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) mengklaim serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016 hingga 28 Desember 2016 mencapai 90 persen lebih. Dikalkulasikan, nilai penyerapan anggaran mencapai Rp2,9 triliun dari total pagu APBD 2016 yang mencapai Rp3,304 triliun.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengaku optimistis penyerapan APBD 2016 bakal terus bertambah. Hal ini mengingat pada 28 Desember kemarin, ada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang melakukan pencairan dana di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD).

“Hari ini (28/12/2016) ada pencairan Rp300 miliar oleh beberapa SKPD, seperti Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Tata Kota, Dinas Kesehatan dan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman. Kita optimis serapan meningkat,” katanya ditemui di Serpong, Rabu (28/12/2016) kemarin.

Meski begitu, ia tak memungkiri jika ada sejumlah pekerjaan fisik yang tidak bakal rampung hingga tutup buku anggaran 2016. Proses pengerjaan dengan waktu yang terlalu sempit, menjadi kendala terhambatnya pengerjaan proyek fisik di kota termuda di Provinsi Banten ini.

“Untuk yang tidak selesai, opsinya kemarin ada dua, yakni (waktu) diperpanjang dan bayar sesuai progress pengerjaan. Tapi untuk opsi diperpanjang tidak bisa dilakukan, akhirnya kita hanya akan bayar sesuai progres akhir pengerjaan setelah dilakukan review oleh konsultan pengawas,” kata Benyamin menambahkan.

Soal SKPD mana saja yang bakal menjadi penyumbang Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (SILPA), Benyamin mengaku ada sejumlah SKPD. Antara lain, Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman, Dinas Pendidikan dan sejumlah SKPD lainnya.

“Di Dinas Pendidikan ada buku yang tidak bisa dicetak karena Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) dari Kemendikbud tidak turun. Untuk jumlah SILPA, saya belum bisa hitung karena nanti akan diketahui per Januari 2017,” tandasnya. (one)

Komentar Anda

comments