Tiga Poin Penting Pengembangan Sekolah

Kepala Dindik Tangsel, Mathodah membuka kegiatan pelatihan. (ist)
Kepala Dindik Tangsel, Mathodah membuka kegiatan pelatihan. (ist)

Palapanews.com- Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Mathodah mengatakan ada tiga poin penting yang harus dijalani untuk melaksanakan pengembangan sekolah berkualitas secara menyeluruh dan merata.

“Ada tiga hal penting yang menjadi acuan untuk kemajuan sekolah sehingga pelatihan pengembangan sekolah ini benar-benar bisa menyeluruh. Pertama, mutu pembelajaran, kedua manajemen sekolah dan yang ketiga partisipasi masyarakat,” kata Mathodah dalam kegiatan USAID PRIORITAS di Kota Tangsel, Kamis (1/12/2016).

Ia juga mengpresiasi peran USAID PRIORITAS yang telah membantu Dinas Pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dia berjanji akan siap mengawal keberlanjutan program USAID PRIORITAS yang sudah berhasil melakukan kemajuan program pendidikan di Tangsel.

“Pendekatan pengelolaan kegiatan yang sudah berhasil dilaksanakan oleh USAID PRIORITAS diharapkan menjadi parameter program Dinas Pendidikan di tahun selanjutnya melalui APBD. Saya menghimbau agar bapak-ibu yang diundang dalam pelatihan ini juga bisa mempraktikkan dan menyebarluaskan lagi manfaat pelatihan,” tandasnya.

Spesialis Pengembangan Sekolah Provinsi Banten USAID PRIORITAS, Ahmad Mardiyanto yang juga menjadi koordinator fasilitator mengatakan bahwa para pengawas dan kepala sekolah dilatih serangkaian strategi pengembangan pembelajaran aktif, budaya baca, manajemen berbasis sekolah dan pemantauan sekolah. Di hari kedua, peserta akan mempraktikkan supervisi di beberapa sekolah mitra terpilih.

“Praktik ini diharapkan memotivasi peserta untuk berlatih supervisi, pengelolaan transparansi anggaran, budaya baca hingga keterlibatan masyarakat dalam mengelola sekolah,” ungkap Ahmad. (rls)

Komentar Anda

comments