Korea Selatan Tertarik Investasi di Banten

Ilustrasi. (bbs)
Ilustrasi. (bbs)

Palapanews.com- Korea Selatan (Korsel) bakal melakukan investasi besar di Provinsi Banten. Rencananya, negeri ginseng itu bakal membangun sejumlah pabrik di provinsi paling barat Pulau Jawa ini.

“Kita mendapat tawaran dari Korsel. Mereka tertarik dengan Banten dan berjanji akan mendirikan pabrik-pabrik di wilayah Banten,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten Alhamidi.

Ketertarikan Korsel diakuinya disampaikan saat pertemuan dengan perwakilan Dubes Korsel di Serang, Kamis (20/10/2016) lalu. Ia mengaku bertemu dengan Chairman Of Labour dan Customs Committee Ahn Chang Sub Labour and Education Embassy on the Republic of Korea Kim Young Me, Vice Secretary General Korean Chamber Of Commerce In Indonesia KY Park.

“Dinsosnakertrans akan diundang secara khusus untuk menyampaikan kondisi ketenagakerjaan di Banten. Ini dilakukan untuk menarik investor dari Korea lebih banyak lagi datang ke Banten dan membangun industri,” katanya.

Pihaknya akan mendorong para investor yang sudah membangun industri di Banten, agar melakukan ekspansi di wilayah Banten Selatan. Alhamidi mengatakan, pihaknya telah memberikan jaminan kepada perwakilan Dubes Korea yang datang mengenai iklim usaha dan ketenagakerjaan di Banten yang kondusif .

“Saya sampaikan untuk perizinan ketenagakerjaan akan dibantu dengan semudah mungkin sesuai norma yang ada, dan saya sampaikan juga dalam waktu dua tahun, Banten akan menjadi percontohan di Indonesia untuk ketengekerjaan,” katanya pula.

Menurut Alhamidi, Banten jadi magnet bagi industri. Pihaknya juga menyampaikan Banten akan membuat regulasi yang tidak akan memberatkan pengusaha dan menguntungkan masyarakat, seperti upah yang layak dan sesuai dengan aturan.

Apalagi, kata dia, saat ini masih ada 455.000 masyarakat Banten yang masih menganggur dan belum mendapatkan pekerjaan.

“Kami harapkan yang sekarang bekerja masih tetap kerja dan yang belum kerja dapat bekerja. Bahkan tanggal 3 sampai 5 November nanti kami akan laksanakan job fair,” kata Alhamidi.

Sementara itu, Chairman Of Labour dan Customs Committee Ahn Chang mengatakan, kedatanganya ke Disnakertrans Banten dalam rangka koordinasi dan mengumpulkan informasi terkait ketenagakerjaan.

“Kami memang ingin mengembangkan usaha di Indonesia. Sekarang saya melihat dan meminta ketegasan mengenai iklim usaha di Banten. Nanti kami akan undang Disnakertrans untuk menyampaikan kondisi wilayah di hadapan para pengusaha Korea,” katanya lagi. (one)

Sumber: kontan.co.id

Komentar Anda

comments