Suzuki Pelopori Kampanye ‘Green Technology’ Bagi Pelajar SMK

oleh
Kegiatan talkshow, rangkaian acara Student's Day yang digelar Suzuki. (bd)
banner 300250
Kegiatan talkshow, rangkaian acara Student's Day yang digelar Suzuki. (bd)
Kegiatan talkshow yang digelar Suzuki dalam rangkaian acara Student’s Day GIIAS 2016. (bd)

Tangerang, PalapaNews.com – Suzuki mempelopori kampanye “Green Technology” kepada pelajar-pelajar SMK di Jakarta. Upaya tersebut dilakukan dengan cara menggelar  talkshow bertajuk “Perkembangan Teknologi Otomotif Smart Hybrid Vehicle” bertempat di ajang GIIAS 2016 ICE BSD, Serpong.

Sebagai salah satu bentuk komitmen Suzuki untuk mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerjasama dengan Seven Events, selaku organizer GIIAS 2016 kembali mengadakan Student’s Day di Booth Suzuki. Dengan mengundang 52 siswa dari SMKN 5 Jakarta untuk belajar dan mengikuti talkshow.

“Dalam acara ini, Suzuki juga menyerahkan donasi 1 unit APV untuk SMKN 5 Jakarta sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR),” ungkap Dwi Tjahayanto, Department Head Strategic Planning PT SIS usai acara talkshow yang berlangsung, Kamis (18/08/2016).

Dwi melihat, saat ini, belum banyak siswa yang mengikuti perkembangan teknologi di dunia otomotif salah satunya mengenai Green Technology. Padahal, dunia pendidikan dan dunia industry menurutnya, harus selaras agar menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk kemajuan industry otomotif tanah air.

“Oleh karena itu kami mengadakan acara ini, agar para pelajar mengetahui lebih dalam mengenai Green Technology yang diterapkan melalui teknologi Smart Hybrid Vehicle yang sudah digunakan di mobil Suzuki,” papar Dwi menjelaskan latar belakang digelarnya kegiatan tersebut.

Menurutnya, hal ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap tema Green Technology yang dikampanyekan di GIIAS 2016, maka efeknya terjadi efesiensi yang bentuknya adalah minimalisasi penggunaan bahan material berbahaya dan dapat merusak lingkungan. Melalui talkshow ini, diharapkan para pelajar memahami penggunaan Green Technology serta manfaatnya bagi kelestarian lingkungan di masa depan dan dapat menginspirasi pelajar Indonesia untuk bisa berkarya menciptakan teknologi-teknologi  baru yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ini, sedikit informasi yang penting diketahui tentang teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang merupakan System Hybrid Ringan (Mild Hybrid System) terdiri dari mesin bakar internal dan ISG (Integrated Starter Generation). ISG bertindak sebagai generator dengan fungsi sebagai motor listrik yang akan meringankan kerja mesin selama akselerasi.

Pada saat kendaraan berdeselerasi atau idle, ISG ini akan mendapatkan asupan tenaga listrik yang akan dihimpun dan selanjutnya dikirim ke baterai Lithium-ion. Tenaga listrik yang tersimpan inilah, yang akan digunakan untuk meringankan kerja mesin selama akselerasi. SHVS saat ini, telah digunakan di mobil-mobil kecil seperti Suzuki Ciaz, iK-2 dan IM-4 Concept Car. (bd)

 

Komentar Anda

comments