Tangsel Target Bebas Jentik Nyamuk Tahun 2020

Diterbitkan  Rabu, 15 / 06 / 2016 17:38

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Suharno. (dok)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Suharno. (dok)

Tangsel, PalapaNews.com – Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan mencanangkan kota berpenduduk 1,45 juta jiwa ini bebas jentik nyamuk dan wabah demam berdarah dengue (DBD) pada tahun 2020.

“Salah satunya dengan melatih 450 mahasiswa untuk mencegah jentik nyamuk dan wabah DBD di kawasan yang telah bekerjasama dengan Dinkes Tangsel, seperti di RW 10, 14 dan 28 Vila Inti Persada (VIP), Kecamatan Pamulang Timur,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Suharno saat menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) di Balaikota Tangsel, Kamis (15/6/2016).

Menurutnya, ini juga sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir adanya fooging yang merupakan agen kanker normor satu menurut WHO. Maka itu kawasan zona bebas DBD harus segera dilakukan.

“Para mahasiswa tersebut memberikan pemahaman bagaimana menanam tanaman lavender dan zodia untuk di budidayakan dilingkungan sekitar. Jadi tiap RW harus bekerjasama dengan kami agar mendapat pelatihan bagaimana menjadi kawasan yang bebas dari jentik,” jelasnya.

Sebagai contoh, RW mengajukan program ke Dinkes untuk dilatih. Selanjutnya akan ada pelatihan khusus mengenai pencegahan jentik dengan menggunakan larvasida cair yang lebih aman, bahkan aman dikonsumsi bagi manusia. (man)

Komentar Anda

comments