10 Kiat Jaga Kesehatan Jantung

10 kiat kesehatan jantung. (bbs)
10 kiat kesehatan jantung. (bbs)

Jakarta, PalapaNews.com – Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital selain otak. Untuk itu, kesehatannya sebaik mungkin dijaga dengan berbagai cara. Dari mulai olahraga fisik hingga asupan makanan yang tepat dan sehat.

Berikut 10 kiat jaga kesehatan jantung:

Berhenti merokok sekarang juga. Tahukah Anda, 12 bulan setelah berhenti merokok, risiko kematian akibat serangan jantung berkurang setengahnya dibanding para perokok?

Tingkatkan kualitas diet. Jika Anda menyertakan sereal gandum, kacang-kacangan, buah dan sayur dalam program diet, maka Anda sedang menurunkan risiko penyakit jantung.

Jagalah persahabatan. Orang yang memiliki persahabatan yang baik dengan orang lain memiliki risiko lebih kecil terkena serangan jantung.

Makan ikan berminyak. Ikan yang berminyak seperti sarden atau tuna kaya akan asam lemak omega-3. Zat tersebut baik untuk mengontrol tingkat kolesterol Anda.

Makan cokelat hitam. Jika Anda masih makan cokelat susu, maka ubahlah dengan cokelat hitam yang terbukti lebih baik untuk jantung.

Batasi konsumsi alkohol. Percayalah, alkohol jenis apapun tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda, termasuk kesehatan jantung.

Hindari makanan asin. Garam memiliki zat yang tidak baik untuk jantung.

Cobalah untuk tes diabetes. DIabetes yang tidak terkontrol dapat berakibat pada sakit jantung karena dapat merusak dinding arteri.

Jadikan olahraga menyenangkan. Jangan sekadar olahraga, jadikan olahraga Anda menyenangkan. Anda dapat mengajak teman atau pacar dalam berolahraga.

Itulah 10 kiat jaga kesehatan jantung. Lakukan tips di atas saat ini juga, maka hidup Anda akan lebih bahagia karena senantiasa sehat. (net)10 Kiat Jaga Kesehatan Jantung

Sumber: liputan6.com

Komentar Anda

comments