“Budaya Indonesia Tidak Malu Kalau Tidak Bayar Pajak”

Diterbitkan  Jumat, 22 / 04 / 2016 9:54

Ilustrasi pajak. (bbs)

Ilustrasi pajak. (bbs)

Tangerang, PalapaNews.com – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Banten, Rini Widosari menilai tingkat kesadaran wajib pajak masih terbilang kurang. Hal ini dikarenakan masih ada beberapa perusahaan besar yang belum membayarkan pajaknya. Selain itu, kesadaran wajib pajak perorangan pun sama.

Ada beberapa kriteria yang masih dianut wajib pajak perorangan di antaranya masih dalam tahap coba-coba, norma sosial dan budaya tidak malu, beralasan sulit dalam membayar pajak, dan kurang mengertinya manfaat membayar pajak.

“Budaya orang Indonesia tidak malu kalau tidak bayar pajak. Padahal, di luar negeri ketika orang tidak bayar pajak, mereka merasa malu,” kata Rini.

Sebagai informasi, pada 2016 ini Kanwil DJP Banten menargetkan Rp40,1 triliun pada 2016 ini. Angka ini naik sekitar Rp5,2 trilliun dari tahun sebelumnya. Pada 2015, Kanwil DJP menargetkan Rp34,9 triliun meskipun hanya tercapai sekitar Rp26 triliun atau sekitar 80 persen.

“Total pendapatan sampai caturwulan pertama sudah mencapai 20 persen dari target atau sekitar Rp8 triliun. Angka ini terbilang cukup sukses. Sebab, capaian tersebut berada di peringkat atas secara nasional,” kata dia. (eni)

Komentar Anda

comments