Perbaikan Infrastruktur Dominasi Usulan Warga

oleh
Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau kesiapan pelaksanaan proyek. (ist)
Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau kesiapan pelaksanaan proyek. (ist)

Tangerang, PalapaNews — Usulan masyarakat Kota Tangerang pada Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang digelar Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) didominasi infrastruktur. Sedikitnya tercatat 2.189 usulan terkait perbaikan sarana dan prasarana.

Usulan itu, antara lain pembangunan drainase, jalan yang belum diaspal, kondisi jalan yang rusak parah, kurangnya sarana puskesmas, belum adanya penerangan jalan umum hingga kurangnya kelas sekolah.

Kepala Bidang Perencanaan Kota pada Bappeda Kota Tangerang, Anton Rianto mengatakan pra musrenbang tersebut merupakan lanjutan dari musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan dan forum SKPD. Pra musrenbang ini digelar untuk menyatukan dan memprioritaskan visi pembangunan Kota Tangerang.Tidak semua usulan masyarakat dilaksanakan, karena pagu anggaran yang terbatas.

“Untuk mempermudah, kami (Bappeda-red) membagi tiga bidang, yakni sarana dan prasarana, sosial masyarakat dan ekonomi, dan bidang pemerintahan. Di pra musrenbang ini kami mendengar pendapat dari tiap-tiap SKPD yang nantinya kami akan sinkronisasikan dengan visi pembangunan provinsi dan nasional,” papar Anton.

Dari tiga bidang, sarana dan prasarana terbilang usulan yang paling banyak. Sebab langsung berkaitan dengan masyarakat. Dinas-dinas yang terkait antara lain, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Perhubungan, Dinas Cipta karya, Dinas Bangunan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Dari data yang dihimpun, total usulan untuk belanja langsung Tahun Anggaran 2017 mencapai Rp227,9 miliar. Yakni program pengembangan perumahan mencapai Rp47,1 miliar, program lingkungan sehat perumahan mencapai Rp7,9 miliar, program pengelolaan areal pemakaman mencapai Rp1,7 miliarprogram pembangunan saluran drainase mencapai Rp142 miliar dan program pemanfaatan ruang mencapai Rp598 juta.

Kepala Bappeda Kota Tangerang, Said Endrawiyanti menambahkan pra musrenbang diadakan agar ketika musrenbang tingkat kota sudah lebih terarah. “Rencananya akan dilakasanakan pada 24 Maret mendatang,” ujarnya singkat. (eni)

Komentar Anda

comments