Usung Konsep Ramah Lingkungan, UMN Bangun Tower ke-3

Ground Breaking tower ketiga UMN. (man)
Ground Breaking tower ketiga UMN. (man)

PalapaNews- Universitas Mulimedia Nusantara (UMN) di gading Serpong, Kabupaten Tangerang membangun tower ketiganya. Tower baru yang dibangun mengusung konsep ramah lingkungan dan hemat energi.

Pembangunan tower ketiga ini ditandai dengan dilakukannya Ground Breaking pada Senin (18/1/2016).

Andrey Andoko, Wakil Rektor UMN menjelaskan pembangunan Tower 3 UMN dibuat sedemikian rupa agar penggunaan energi di dalam bangunan tidak boros. “Semua arsitektur yang ada dalam Tower 3 ini mendukung agar penggunaan energi menjadi lebih hemat,” tegasnya.

Tower 3 ungkap Andrey, memiliki banyak ruang terbuka yang menggunakan ventilasi udara alam yang masih sejuk. Dengan demikian, gedung menjadi cukup nyaman digunakan untuk perkuliahan dan bekerja. Penggunaan AC pun dapat dikurangi sehingga energi yang digunakan untuk mendinginkan ruangan bisa berkurang banyak.

Hal senada dikatakan Budiman, arsitek utama dari pembangunan Tower 3. Selain karena gedungnya yang lagi-lagi mengusung tema hemat energi, ia mengapresiasi UMN dalam memberikan area konektivitas yang luas dalam gedung terbaru ini, sekitar 8000 meter perdegi.

Tidak banyak kampus yang melakukan hal tersebut. Padahal ruang konektivitas menjadi tempat bagi mahasiswa untuk bertemu dan berinteraksi jauh lebih banyak ketimbang di kelas. “Di Tower 3, terdapat 2 lantai, yaitu lantai 1 dan 2 yang dijadikan area konektivitas,” jelasnya.

Teddy Surianto, Ketua Yayasan Multimedia Nusantara mengatakan tujuan pembangunan Tower 3 ini, adalah untuk mengakomodir kegiatan belajar mengajar mahasiswa UMN. Jumlah mahasiswa yang meningkat membuat kebutuhan akan kapasitas ruangan yang lebih turut bertambah.

Hal ini juga guna memberikan akomodasi kegiatan belajar mengajar bagi mereka seperti yang sudah diamanatkan oleh pendiri Kompas Gramedia, Dr (HC) Jakob Oetama. “Hari ini, lewat pembangunan Tower 3 yang mengusung tea ramah lingkungan, kita semua menjalankan visi misi Kompas Gramedia Group,” ungkap Teddy.

Seperti Gedung New Media Tower atau Tower 3 juga menggunakan double skin yang memungkinkan untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk ke dalam ruangan. Sehingga ruangan cukup dingin dan terang.

Kemudian keberadaan roof garden di beberapa lokasi tidak hanya membuat Tower 3 menjadi lebih asri, tetapi juga membuat udara mejadi lebih sejuk. Begitu juga dengan cerobong-cerobong udara yang memanfaatkan perbedaan tekanan udara membuat basement nantinya tidak perlu menggunakan kipas listrik.

Untuk merealisasikan pembangunan Tower 3, UMN kembali menggandeng arsitek PT Duta Cermat Mandiri. Nantinya gedung baru ini akan memiliki 18 lantai dengan total ketinggian gedung yang mencapai 80 meter dan dapat menampung lebih dari lima ribu mahasiswa.

Selain kelas, akan ada pula beragam fasilitas lain guna menunjang mahasiswa dalam menimba ilmu di UMN. Beberapa fasilitas tersebut antara lain: laboratorium untuk Program Studi Teknik Fisika, Teknik Elektro, dan Arsitektur; Lecture Theater yang mampu menampung hingga 500 orang; dan sarana olahraga indoor seperti lapangan basket, futsal, dan badminton. Pembangunan gedung ini, ditargetkan  akan selesai pada Agustus 2017. (bud)

Komentar Anda

comments