Kanker Payudara Hantui Kaum Perempuan Indonesia

Diterbitkan  Minggu, 11 / 10 / 2015 9:30

Dialog kesehatan yang digelar Parkway Cancer Center. (ist)

Dialog kesehatan yang digelar Parkway Cancer Center. (ist)

Palapanews- Pertarungan melawan Kanker Payudara telah menyentuh begitu banyak keluarga dan hal ini mendorong Parkway Cancer Canter secara aktif menyebarkan informasi mengenai penyakit ini kepada seluruh masyarakat.

Kanker Payudara adalah jenis kanker yang paling umum diderita perempuan dan secara keseluruhan adalah kanker yang paling umum kedua di seluruh dunia. Di Indonesia pun catatan Kementerian Kesehatan tahun 2014 menunjukan bahwa Kanker Payudara masih merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita oleh perempuan Indonesia.

Berdasarkan data Sistem Informasi RS (SIRS), jumlah pasien rawat jalan maupun rawat inap pada kanker payudara masih yang terbanyak yaitu mencapai 12.014 orang (28,7%).

Selain itu, perempuan juga masih dihantui berbagai jenis kanker, seperti Kanker Endometrium dan Kanker Serviks. Sayangnya, upaya memerangi penyakit ini terhambat rendahnya kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai kanker.

Hal ini berimbas terhadap hampir 70% penderita ditemukan dalam keadaan stadium lanjut. Padahal, bila dideteksi sejak dini, kanker bukan tidak mungkin bisa disembuhkan.

Demikian terungkap dalam Dialog Kesehatan bertajuk ‘Melindungi Perempuan dari Kanker yang Mematikan’ yang digelar Parkway Cancer Center di di The Groove Suite Kuningan dan Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading pada 9 dan 10 Oktober 2015.

Parkway Cancer Center menghadirkan dua pembicara yaitu Khoo Kei Siong (pakar onkologi medis Gleneagles Hospital Singapore) dan Lisa Wong (Pakar Ginekologi Mount Elizabeth Hospital) untuk membahas mengenai berbagai hal terkait Kanker Payudara dan kanker-kanker lainnya yang menyerang kaum perempuan seperti Kanker Endometrium dan Kanker Serviks, serta pilihan pencegahan, pendeteksian dini dan pilihan pengobatan yang tersedia saat ini. (one)

Komentar Anda

comments