Guru Harus Tingkatkan Kemampuan Baca Siswa

Akhmad Yani CH, Kabid Dikdas Provinsi Banten membuka pelatihan. (ist)
Akhmad Yani CH, Kabid Dikdas Provinsi Banten membuka pelatihan. (ist)

Palapanews- Kemampuan membaca merupakan ketrampilan hidup yang penting untuk menjamin keberhasilan setiap orang. Agar terampil dalam membaca, siswa perlu diberi banyak kesempatan untuk membaca buku yang relevan dalam hal isi maupun tingkat kemampuan membacanya.

Demikian pernyataan Feiny Sentosa, Wakil Direktur USAID PRIORITAS yang hadir dalam pelatihan untuk pelatih tingkat SD dan MI di Provinsi Banten dalam keterangan pers yang diterima palapanews.com, Kamis (3/9/2015).

Pelatihan ini, dibuka Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Provinsi Banten, Akhmad Yani CH. Menurutnya, pelatihan yang digagas USAID Prioritas ini baik.

“Secara konsisten USAID telah berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan dasar. Melalui kegiatan ToT ini diharapkan dapat mendorong motivasi dan berdampak pada peningkatan kualitas tenaga pendidik di provinsi Banten,” katanya.

Pelatihan untuk pelatih tentang pratik yang baik dalam pembelajaran tingkat SD dan MI digelar selama empat hari dan diikuti oleh puluhan tenaga pendidik yang berasal dari lima kabupaten/kota di Banten.

Peserta di kelompok kelas awal mendapatkan kompetensi pelatihan buku bacaan berjenjang. Buku bacaan berjenjang dikembangkan berdasar tingkat kemampuan membaca siswa sehingga memudahkan siswa untuk memahami dan menikmati buku yang dibacanya.

Koodinator Provinsi Banten USAID Prioritas, Rifki Rosyad mengatakan untuk mengembangkan program buku bacaan berjenjang, pihaknya bekerjasama dengan Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) dalam penyusunan materi buku dan pelatihan kepada para tenaga kependidikan agar tepat sasaran.

“Guru, kepala sekolah dan pengawas yang sudah dilatih dalam pelatihan modul tiga ini diharapkan dapat mempraktikkan kembali buku bacaan berjenjang agar siswa terampil membaca. Nanti kami juga akan menghibahkan buku bacaan berjenjang kepada sekolah mitra dan sekolah lab LPTK,” kata dia.

Buku bacaan berjenjang menjadi alat bantu belajar siswa dalam membaca di kelas awal SD dan MI. Untuk menggunakannya, peserta diajak untuk mempratikkannya di sekolah. (nai)

Komentar Anda

comments