Siswa SMPN 2 Cilegon Dilatih Ketrampilan Informasi

Diterbitkan  Sabtu, 15 / 08 / 2015 8:55

Pelatihan replikasi USAID PRIORITAS untuk guru SMPN 2 Cilegon. (ist)

Pelatihan replikasi USAID PRIORITAS untuk guru SMPN 2 Cilegon. (ist)

Palapa News- USAID Prioritas secara konsisten terus membantu mengembangkan pendidikan di Provinsi Banten. Selama empat hari hingga Jumat (14/8/2015), pelatihan mandiri bagi guru dan siswa digelar di SMP Negeri 2 Kota Cilegon.

“Untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013, sekolah kami menyelenggarakan pelatihan secara mandiri dengan dukungan USAID Prioritas agar proses pembelajaran bisa terlaksana dengan pendekatan saintifik dan ketrampilan lainnya,” ujar Munawaroh, Kepala SMP Negeri 2 Cilegon.

Secara antusias puluhan guru dengan tekun mengikuti pelatihan agar mampu membuat perangkat pembelajaran dan penilaian autentik dengan baik. Salah satu materi yang disampaikan adalah ketrampilan informasi yang perlu ditingkatkan bagi guru sehingga terbiasa membuat laporan tertulis yang sistematis.

“Ketrampilan informasi diperlukan bagi guru sehingga dapat mendidik siswa nantinya dalam menuliskan pengalaman praktik pembelajaran yang diperolehnya. Selama ini siswa tidak terbiasa membuat laporan tertulis karena minimnya ketrampilan informasi padahal ketrampilan informasi adalah bagian dari implementasi kurikulum 2013,” kata pernyataan Etty Mutianingsih, guru SMP Negeri 2 Cilegon yang turut memfasilitasi diskusi.

Dalam pelatihan ini, Etty juga berbagi pengalaman praktik pembelajaran menerapkan ketrampilan informasi kepada siswa kelas 8 H SMPN 2 Cilegon. Etty, membagi siswa dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan gerak hewan.

“Siswa mencari informasi sesuai lembar kerja yang diberikan berdasarkan informasi dari internet dan buku bacaan. Siswa juga diajari mengolah informasi yang diperoleh dari siswa lainnya sehingga terjadi diskusi yang aktif dan aktratif di kelas,” ujar Etty.

Kemudian Etty mengamati bahwa meski semua siswa mengamati gerak hewan tetapi mereka memiliki keunikan seperti penyusunan kalimat, teknik pengolahan informasi, kedalaman isi materi hingga laporan yang ditulis. Ketrampilan informasi ternyata diperlukan bagi siswa untuk mengolah pengetahuan yang diperolehnya dari berbagai sumber sehingga menjadi dokumen penilaian bagi guru. (rls/one)

Komentar Anda

comments