Toko ASIPA, Pusat Oleh-oleh Khas Tangsel

oleh
Opening Toko ASIPA di Pamulang.(man)
Opening Toko ASIPA di Pamulang.(man)
Opening Toko ASIPA di Pamulang.(man)

Palapa News- Berkunjung ke suatu daerah, kurang lengkap rasanya bila tak membawa oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi itu. Untuk di Kota Tangsel, wisatawan bisa memperoleh buah tangan khas daerah itu di Toko ASIPA, di daerah Perempatan Gaplek, Pamulang.

ASIPA, merupakan akronim dari Asosiasi Industri Kreatif dan Pelaku Usaha. Di toko itu, berjejer beragam oleh-oleh khas Kota Tangsel, seperti makanan, cinderamata dan beragam produk lainnya.

Ketua ASIPA Kota Tangsel Herni Herawati mengatakan ASIPA sebagai salah satu kumpulan industri kreatif. Perkumpulan ini berada di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangsel dengan tujuan memberikan peningkatan bagi ekonomi masyarakat Tangsel, terutama pelaku UKM.

“Ada 78 anggota dan lebih dari 100 produk UKM dan IKM yang tergabung dalam ASIPA Kota Tangsel, terutama produk kuliner kering dan cinderamata lainnya. Dengan kisaran harga mulai dari Rp6 ribu hingga ratusan ribu sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh,” kata Herni.

Semua sektor, menurutnya harus dimanfaatkan supaya bernilai baik, jika ingin meningkatkan kunjungan pariwisata di Tangsel. Salah satu contoh, untuk menekan angka pengangguran dengan mendorong pengembangan home industri dan UKM di daerah itu sendiri.

Sementara Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Tangsel, mengatakan pertumbuhan industri lokal masih jauh tertinggal. Seharusnya pemerintah melakukan klasterisasi untuk market industri lokal dalam suatu area tertentu.

“Sasaran market wisata seharusnya ada di kawasan Alam Sutera, dimana kawasan tersebut sangat strategis karena banyak pebisnis dan calon pembeli disana,” jelas Gusri.(man)

Komentar Anda

comments