Kawasan Industri Kecil di Tangsel Perlu Pembenahan

Diterbitkan  Senin, 27 / 05 / 2013 21:32

Industri Kecil Kota TangselPalapa News- Kawasan Industri Kecil (KIK) di Kelurahan Kranggan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) perlu pembenahan. Pasalnya, pusat pengelolaan makanan ringan khas Tangsel ini masih kurang bersih.

“Ya, harus dibenahi. Apalagi di daerah ini masih banyak potensi makanan ringan khas yang masih bisa dikembangkan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Muhamad usai peletakan batu pertama di RT 09/04 Kelurahan Kranggan, Senin (27/5/2013).

Menurutnya, banyak pihak mencari informasi terkait produk unggulan khas daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini. Ke depannya, para wisatawan domestik dan mancanegara akan didorong untuk melihat langsung kawasan Kampung Industri Kecil di Kranggan.

Bila kondisinya masih kotor dan jorok, tentunya hal tersebut akan mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung. Oleh karena itu, kata dia, Kelurahan Kranggan ditunjuk menjadi wilayah binaan program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).

Seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan bergotong-royong untuk membenahi kawasan pemukiman itu. Beragam potensi yang ada di wilayah tersebut terus digali dan dimaksimalkan oleh Pemerintah Daerah untuk dikembangkan, yakni berupa aneka panganan ringan.

“Kita melihat ada potensi yang masih perlu dikembangkan dan ditingkatkan. Andalannya kacang sangrai dan masih ada 15 komoditi cemilan lainnya,” katanya.

Muhammad memaparkan, aneka macam kue kering yang kini telah berjalan dan dikembangkan antara lain jenis cemilan, keripik pisang, keripik singkong, keripik ubi ungu, keripik bawang, keripik gadung, keripik balado, kerupuk beras, rengginang, rangeneng, kembang goyang, kacang sangrai, opak, enye, lempeyek dan abon ikan. Jenis makanan ringan kacang sangrai setiap pekannya mampu dihasilkan sebanyak 8-10 ton.

“Kita mempunyai kewajiban untuk memberikan pembinaan dengan bekerjasama dengan SKPD. Dengan begitu bisa meningkatkan penghasilan masyarakat yang ujungnya pada kesejahteraan warga disini,” tandasnya. (ymw)

Komentar Anda

comments