Atasi Banjir di Reni Jaya, Kali Cibenda Baru Dinormalisasi

Diterbitkan  Rabu, 17 / 04 / 2013 12:12

Banjir Perumahan Reni Jaya Ciputat Tangerang SelatanPalapa News – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) bakal melakukan pelebaran atau normalisasi Kali Cibenda Baru di Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang.

Normalisasi ini kali ini dilakukan untuk penanganan banjir di Perumahan Reni Jaya. Pasalnya, perumahan yang dibelah Kali Cibenda  Baru ini kerap banjir akibat meluapnya kali.

“Saat ini lebar kali hanya 2 sampai 3 meter. Rencananya bakal dilakukan pelebaran hingga 5 atau 6 meter,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Air pada DBMSDA Kota Tangsel, Aji Awan, Rabu (17/4/2013).

Pelebaran yang dilakukan, kata dia, akan memanfaatkan lahan milik negara atau tanah pengairan. “Untuk tahap awal, kami melakukan identifikasi lahan. Langkah ini untuk membedakan lahan milik masyarakat dan lahan milik pemerintah,” ungkapnya.

Setelah identifikasi, kemudian melakukan verifikasi kepada warga, yakni dengan mencocokan setifikat lahan masyarakat dengan milik pemerintah. Sedangkan, pembangunannya dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2013 ini.

Pada normalisasi kali ini, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air melibatkan masyarakat setempat khususnya warga perumahan Reni Jaya. Melalui langkah ini, masyarakat diharapkan memiliki rasa tanggungjawab untuk merawat pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“Proses pembangunan juga akan melibatkan masyarakat. Ini merupakan pendekatan persuasif agar normalisasi berjalan dengan lancar,” katanya, tanpa merinci berapa anggaran yang dikeluarkan untuk normalisasi itu.

Selain masyarakat, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air juga bakal melibatkan sejumlah dinas terkait dan tokoh masyarakat setempat. “Rencananya di sepanjang kali dibangun jogging track dan ruang terbuka hijau untuk interaksi masyarakat setempat,” ujarnya.(awa)

Komentar Anda

comments