Warga Antusias Pilih Ketua RT

oleh

PalapaNews-Pinang. Warga RT 01/RW 03 Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, antusias memilih ketua RT-nya. Pelaksanaan pemilihan mirip dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Pemilihan RT yang diselenggarakan Minggu (09/12/12),  diikuti dua calon, yakni Ahmad setiawan dan Nurasan. Diawali dari aspirasi warga yang menginginkan reformasi dengan diubahnya pola penunjukan langsung ketua RT.

“Kami menindaklanjuti keinginan warga untuk melakukan pemilihan langsung, namun tetap pada acuan Perda Nomor 03/2011 Kota Tangerang, tentang Rukun Tangga dan Rukun Warga.” Jelas  Abdullah Syafeie, Sekretaris Kelurahan Pinang.

Syafeie menjelaskan, kegiatan ini akan berdampak positif karena warga memilih dari hati nurani karena warga juga mendengarkan langsung visi dan misi yang dipaparkan para calon. ”Ini memang lingkup terkecil dari wilayah, namun dari sini kita bisa bangun sebuah demokrasi yang baik,” paparnya.

Senada dengan Syafeie, Dede (31) warga setempat mengharapkan siapa yang terpilih harus bisa menjadi abdi serta panutan warga  dan kepanjangan tangan informasi dari pemerintah. ”Gak harus seperti Jokowi lah, minimal daerah sini menjadi lingkungan yang bersih, lingkungan yang aman dan aktif memberikan informasi kepada warga dari setiap program pemerintah,” harapnya.

Rudi, selaku ketua panitia pemilihan menambahkan, dari data pemilih di wilayah RT 01/03 Kelurahan Pinang, terdapat 310 warga yang memiliki hak suara, namun hanya 245 warga yang menggunakan hak pilihnya. ”Kami sudah lakukan semaksimal mungkin, dari proses pendaftaran para calon hingga sosialisasi ke warga untuk menggunakan hak pilihnya,” Jelasnya.

Rudi juga mengungkapkan bahwa dana kegiatan untuk kotak dan surat suara, alat peraga dan lainnya, didapat dari uang pendaftaran para calon dan swadaya warga sekitar. Sehingga warga begitu antusias untuk menggunakan hak pilihnya. “Pendanaan untuk semua sekitar Rp 600 ribu, itu didapat dari biaya pendaftaran para calon,” ungkapnya.

Setelah dilakukan penghitungan suara, pemilihan Ketua RT secara langsung ini dimenangkan Nurasan dengan memperoleh 137 suara, mengungguli pesaingnya yang hanya mendapat 108 suara.(ndo)

Komentar Anda

comments