Dinas PU Bikin Master Plan Sistem Drainase

Diterbitkan  Rabu, 26 / 09 / 2012 22:12

TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerja Umum (PU) saat ini tengah membuat masterplan sistem drainase terintegrasi di wilayah Kota Tangerang. Dengan mengambil konsep seperti ini, diharapkan menekan potensi banjir di sejumlah wilayah.

Kepala Bidang Drainase dan Pengendalian Air Limbah pada Dinas Pekerja Umum, Dida Rustiana, mengatakan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan survei kondisi jalan dan drainase di wilayah Kota Tangerang. Survei ini sebagai bahan pembuatan atau penyusunan masterplan.

“Untuk membuat masterplan tentunya dibutuhkan data yang akurat dan saat ini kami sedang melakukan survey tentang kondisi jalan dan drainase di wilayah Kota Tangerang,” ungkap Dida Rustiana.

Dikatakan Dida, masterplan dari drainase tersebut akan dibuat terintegrasi dan tidak terputus dan bermuara pada sungai-sungai besar yang melintasi Kota Tangerang seperti Cisadane, Cirarab, Kali Angke, Kali Prancis, dan Kali Sabi.

“Saat ini tengah dilakukan pembuatan masterplan untuk 7 kecamatan di antaranya Jatiuwung, Ciledug, dan Cipondoh,” katanya.

Dida menambahkan, untuk pemeliharaan, pihaknya mengaku secara rutin melakukan pengerukan dan normalisasi drainase-drainase di sejumlah lokasi rawan banjir di Kota Tangerang.

“Mudah-mudahan masterplan ini bisa terselesaikan pada awal 2013 mendatang, memang ini membutuhkan waktu yang cukup lama,” jelasnya.(nai)

Komentar Anda

comments